PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Turun Dengan Naiknya Minat Terhadap Resiko

Rifan Financindo

 

Rifan Financindo – Harga emas turun secara solid pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Senin, karena koreksi dan aksi ambil untung dari keuntungan sebelumnya. Membaiknya minat terhadap resiko diantara para trader dan investor memulai minggu perdagangan yang baru menjadi faktor yang negatif bagi metal berharga.

Reboundnya indeks dolar AS pada hari kemarin juga menjadi elemen “bearish” harian terhadap metal berharga. Emas berjangka bulan Agustus terakhir turun $15.20 per ons pada $1.330.50. Harga perak Comex bulan Juli terakhir turun $0.316 pada $14.715 per ons.

Indeks saham Asia dan Eropa kebanyakan naik semalam. Indeks saham AS mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Indeks saham AS membukukan keuntungan yang kuat minggu lalu dan mendapatkan momentum tehnikal yang “bullish” yang sekarang sedang mengetes rekor ketinggian baru.

Sikap para trader dan investor kebanyakan optimis memulai minggu perdagangan yang baru setelah AS dan Mexico pada akhir Jumat minggu lalu mencapai kesepakatan mengenai imigrasi yang menghindarkan pengenaan tarif perdagangan AS terhadap tetangga bagian Selatannya. Namun, kemajuan medan perang dagang AS-Cina tetap sulit dicapai dengan tidak adanya tanda-tanda kedua negara semakin mendekat satu dengan yang lain dalam persetujuan mengenai perdagangan. Meskipun diskusi masih tetap berlangsung.

Hal kunci diluar pasar emas kemarin adalah menguatnya minyak mentah Nymex dan diperdagangkan pas diatas $54.00 per barel. Indeks dolar AS naik secara solid kemarin karena koreksi “rebound” dari tekanan turun pada minggu kemarin.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,361.50 setelah melewati $1,341.70 dan $1,350.00. Sebaliknya obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1.310.00 setelah melewati $1,325.00 dan kemudian $1,320.00. Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews