PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Turun 1 Persen, Capai Terendah 10,5 Bulan

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Harga Emas mencapai level terendah sejak awal Februari pada akhir perdagangan hari Jumat dinihari (16/12) setelah Federal Reserve menaikkan suku bunga AS, memicu lonjakan imbal hasil Treasury dan menngkatkan dolar ke tertinggi dalam 14 tahun.

Harga emas spot LLG turun 1,2 persen pada $ 1,129.62 per ons. Harga emas sempat mencapai 10,5 bulan terendah dari $ 1,132.15 per ons.

Harga emas berjangka AS untuk pengiriman Februari berakhir di $ 1,129.80 per ons.

Mengangkat suku bunga untuk kisaran 0,50-0,75 persen pada Rabu, bank sentral AS juga memproyeksikan kenaikan yang lebih cepat tahun depan terpicu janji pemerintah baru Donald Trump untuk memotong pajak dan meningkatkan belanja.

Hal ini memicu rally dalam dolar AS, menekan harga aset dalam mata uang, sementara imbal hasil AS Treasury melonjak, mengangkat biaya kesempatan memegang emas.

Kepemilikan emas yang terbesar di dunia yang didukung bursa ETF, SPDR Gold Shares, turun sekitar 10 persen dari pertengahan November. Kepemilikan jatuh lagi pada Rabu, dengan 6,8 ton.

Permintaan India telah menekan krisis uang tunai dalam beberapa pekan terakhir setelah para pejabat menghentikan penggunaan beberapa surat utang bank, sementara pedagang Tiongkok mengatakan Bank Rakyat China memiliki impor terbatas ke pasar emas terbesar di dunia.

Sementara itu, perak turun 4,4 persen pada $ 16,08 per ons dan platinum adalah 1,5 persen lebih rendah pada $ 909,99.

Paladium, melawan tren di antara logam mulia utama, naik 0,4 persen pada $ 722,50. Logam putih ini terutama digunakan dalam autocatalysts, dan cenderung lebih luas berkorelasi dengan aset siklis selain emas, perak dan platinum.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak lemah setelah The Fed menaikkan suku bunga AS sehingga mendorong peningkatan dollar AS. Namun perlu dicermati aksi bargain hunting setelah harga emas melemah tajam. Harga emas diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,128-$ 1,126, namun jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,132-$ 1,134. PT Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews