PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Tetap Menguat Meski Data Pekerja Positif

Kamis, 2 Oktober 2014

Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Rabu 1 Oktober 2014 terpantau ditutup menguat dini hari tadi. Penguatan harga emas LLG dipicu oleh pelemahnb bursa Wall Street yang memicu aksi beli aset safe haven.

Pergerakan dari bursa saham Amerika Serikat dan global yang menurun pada perdagangan Rabu lalu serta tertahannya nilai Dollar AS terpantau berhasil memicu harga emas untuk bergerak menguat. Tertekannya bursa saham global akibat data manufaktur yang mengecewakan serta adanya isu penyebaran wabah ebola hingga ke Amerika Serikat, membuat pola investasi beralih ke aset safe haven. Dampak dari hal tersebut emas pun terdorong menguat.

Diluar faktor fundamental yang memberikan sentimen positif tersebut, pergerakan harga emas juga cukup terdorong menguat secara teknikal. Hal tersebut disebabkan oleh indikator teknikal yang telah memasuki fase jenuh melemah akibat pelemahan tajam di akhir pekan lalu. seiring kondisi yang cenderung jenuh tersebut, posisi yang terindikasi oversold memicu aksi beli para investor.

Meskipun terdorong menguat oleh beberapa faktor fundamental dan teknikal, pergerakan harga emas cukup tertekan data pekerja Amerika Serikat yang membaik. Data ADP employment change Amerika Serikat yang dirilis pada Rabu waktu setempat dan berada dalam kondisi membaik dari level 202.000 ke 213.000 cukup memberi tekanan. Namun tingkatan perbaikan yang berada di bawah ekspektasi membuat rilis data juga tidak cukup kokoh menutup pengaruh anjloknya bursa saham global.

Pada penutupan perdagangan Selasa lalu, harga emas LLG ditutup menguat dini hari tadi. Harga emas LLG ditutup naik 0,46% ke tingkat harga $1.213,55/t oz atau menguat $5,6/t oz.

Sementara pada penutupan perdagangan emas berjangka di bursa Comex, harga emas juga ditutupmenguat dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup naik 0,32% ke tingkat harga $1.215,5/t oz atau menguat $3,9/t oz.

Analis Vibiz Research Centre memprediksi harga emas berpotensi kembali menguat pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh ekspektasi akan memburuknya data initial jobless claims Amerika Serikat. Sementara terkait pergerakan harga, range normal harga emas diprediksi akan berada di kisaran $1.195-$1.227,5 pada emas LLG dan $1.200-$1.229 pada emas berjangka Comex.

Sumber : Vibiznews?

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Flickr