PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Tergelincir, Kenaikan Suku Bunga AS Maret Hampir Pasti

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Harga emas tergelincir pada akhir perdagangan Selasa dinihari (14/03) karena prospek kenaikan suku bunga dalam waktu dekat,  sehingga membuat emas menyentuh dekat level terendah lima minggu pekan lalu. Namun, kerugian terbatas oleh pemilu di Eropa yang menciptakan ketidakpastian dan memicu pembelian investor.

Harga emas spot LLG turun 0,03 persen pada $ 1,204.11 per ons.

Harga emas berjangka AS untuk pengiriman April naik $ 1,70 untuk menetap di $ 1,203.10.

Investor fokus pada pemilihan parlemen Belanda Rabu. Risiko pihak anti eropa di Belanda kecil, tapi kinerja pemilu yang kuat bisa memperbaharui kekhawatiran tentang popularitas sayap kanan dalam pemilihan presiden Perancis pada bulan April dan Mei.

Rabu juga merupakan hari kedua pertemuan dua hari Federal Reserve AS. Sebuah keputusan untuk menaikkan suku bunga akan meningkatkan mata uang AS, yang ketika itu naik membuat komoditi yang dihargakan dalam dolar lebih mahal untuk non-AS.

Pernyataan dari The Fed yang akan dirilis pada 14:00 ET dan briefing di 2:30 akan diteliti untuk setiap perubahan dalam berpikir di kalangan pembuat kebijakan.

Analis menyatakan kenaikan suku bunga Fed pada Rabu diperkirakan hampir pasti oleh pasar, satu-satunya hal yang mungkin mendorong lonjakan dolar adalah jika anggota FOMC mengangkat jumlah kenaikan suku bunga yang mereka harapkan tahun ini. Terakhir kali The Fed menaikkan dari dua kenaikan pada tahun 2017 untuk tiga kenaikan sampai empat kemungkinan.

Baru-baru ini penjualan oleh investor dapat dilihat dalam kepemilikan SPDR Gold Trust, emas terbesar di dunia yang didukung exchange-traded fund, yang jatuh 1,06 persen menjadi 825,22 ton pada hari Jumat.

Manajer hedge fund dan manajer uang juga memangkas posisi net long mereka di COMEX emas dari tertinggi dalam tiga bulan di minggu hingga 7 Maret, demikian Data AS Commodity Futures Trading Commission menunjukkan pada Jumat.

Perak jatuh 0,26 persen menjadi $ 16,98 per ons pada hari Senin, platinum merosot 0,21 persen menjadi $ 940 per ons dan paladium menambahkan 0,99 persen menjadi $ 751,10 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi lemah dengan perkiraan kenaikan suku bunga AS dalam pertemuan The Fed 14-15 Maret ini. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,202 – $ 1,200, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 1,206 – $ 1,208. PT Rifan Financindo.

 

 

 

Sumber : Vibiznews