PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Terangkat Jelang Rapat The Fed, Pelemahan Bursa Saham Global Beri Support

Rabu, 17 September 2014

Harga emas spot comex pada penutupan perdagangan Selasa 16 September 2014 pada dini hari tadi terpantau ditutup menguat. Penguatan harga emas spot comex dipicu oleh dorongan beli para investor akibat kecenderungan melemahnya bursa saham global.

Pergerakan bursa saham global yang cenderung memerah pada perdagangan Selasa lalu, terpantau cukup untuk membuat harga emas menguat dalam 2 hari berturut-turut. Bursa-bursa saham selain Wall Street yang ditutup cenderung melemah akibat aksi wait and see terhadap kebijakan The Fed tersebut, memicu peningkatan investasi terhadap emas. Dampak dari hal tersebut, harga emas pun kembali terdorong menguat.

Selain faktor pelemahan bursa global akibat aksi wait and see terhadap keputusan The Fed, harga emas juga cukup tersupport oleh data sentimen perekonomian Jerman. Data sentimen perekonomian Jerman selaku perekonomian terbesar Eropa yang kembali turun, memicu aksi beli safe haven kembali menguat. Adapun terkait data tersebut, dilaporkan sentimen perekonomian Jerman turun dari level 8,6 ke level 6,9 meskipun masih lebih baik dari ekspektasi di 4,8.

Pada penutupan perdagangan emas spot dini hari tadi di Comex, harga emas terpantau ditutup menguat. Harga emas spot comex ditutup naik tipis 0,18% ke tingkat harga $1.235,3/t oz atau menguat $2,2/t oz.

Sementara pada penutupan perdagangan emas berjangka di bursa Comex, harga emas juga ditutup menguat dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup naik 0,13% ke tingkat harga $1.236,7/t oz atau menguat $1,6/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas akan sangat bergantung pada rilis rapat The Fed pada Rabu waktu Amerika Serikat. Namun, sebelum rilis data tersebut, harga emas akan cenderung untuk bergerak melemah akibat ekspektasi akan pemercepatan peningkatan suku bunga AS. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.219-$1.247 pada emas spot dan $1.219-$1.250 pada emas berjangka kontrak Desember 2014.

 

Sumber : Vibiznews

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Wikimedia