PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Stabil Terbantu Pelemahan Dollar AS, Debat Presiden AS Dinantikan

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Harga Emas stabil pada akhir perdagangan Selasa dinihari, terbantu pelemahan dolar AS sementara pasar menunggu debat presiden AS untuk petunjuk mengenai hasil pemilu bulan November.

Indeks dollar AS melemah 0,19 persen pada 95.29, tertekan data penjualan rumah baru yang lemah. Penjualan rumah baru AS mencatat penurunan terbesar mereka dalam hampir setahun pada bulan Agustus setelah melonjak ke tertinggi sembilan bulan tahun sebelumnya, dengan analis mengatakan tren penjualan tetap positif.

Pernyataan Gubernur BOJ Kuroda yang akan melakukan segala cara untuk mencapai target kenaikan inflasi Jepang, menguatkan Yen dan juga menekan dollar AS.

Harga emas spot emas berada di $ 1,337.40 per ons pada 2:57 EDT (1857 GMT), naik 0,01 persen, sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman Desember ditutup naik 0,2 persen pada $ 1,344.70 per ons.

Logam mulia naik lebih dari 2 persen pekan lalu, kenaikan mingguan terbesar dalam hampir dua bulan, setelah The Fed AS mempertahankan suku bunga tifak berubah.

?Dolar sedikit lebih lemah sejak pagi ini, tetapi juga harga minyak jauh lebih tinggi dan ini memberikan kontribusi untuk beberapa kenaikan komoditas pada umumnya,? kata analis Commerzbank Eugen Weinberg, ketika harga emas yang stabil.

Minyak rally pada Senin karena produsen terbesar di dunia berkumpul di Aljazair untuk membahas cara-cara untuk mendukung pasar. Harga saham di seluruh dunia jatuh menjelang debat presiden AS pertama antara calon dari Partai Demokrat Hillary Clinton dan Partai Republik Donald Trump. Pertemuan antara Trump dan Clinton akan berlangsung pada 0100 GMT pada Selasa, dengan investor mencari petunjuk tentang siapa yang akan memenangkan perlombaan untuk memimpin ekonomi terbesar dunia.

Debat presiden mungkin akan ?sangat menarik? untuk emas, kata Weinberg.

?Dukungan untuk Trump setelah perdebatan kemungkinan untuk menambahkan dukungan untuk emas.? Meningkatnya dukungan untuk Trump dapat meningkatkan ketidakpastian, dan karena itu minat emas sebagai tempat berlindung dari resiko, kata analis.

Data Jumat menunjukkan bahwa manajer hedge fund dan manajer uang memotong posisi net long mereka di COMEX emas untuk minggu kedua berturut-turut dalam tujuh hari hingga 20 September.

Kelemahan dalam risk appetite menekan lebih logam mulia industri, dengan platinum turun 1,3 persen pada $ 1,037.40 dan paladium 1,2 persen lebih rendah pada $ 691,47. Perak turun 1,4 persen pada $ 19,38 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi lemah dengan kehati-hatian investor menantikan hasil debat pertama Presiden AS. Harga emas diperkirakan berada pada kisaran Support $ 1,335-$ 1,333 dan jika harga naik ada di kisaran Resistance $ 1,339-$ 1,341. PT. Rifan Financindo Berjangka.

 

 

 

Sumber : Vibiznews