PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Stabil, Perdagangan Tipis Dengan Liburnya Pasar AS

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Harga Emas tetap stabil pada hari Senin (20/02) karena para pedagang menunggu petunjuk lebih lanjut pada waktu kenaikan suku bunga AS dari pejabat Federal Reserve yang akan berpidato minggu ini.

Harga emas spot LLG berada di $ 1,236.01 per ons pada 1230 GMT, naik sedikit 0,1 persen dari $ 1,235.22 pada hari Jumat, sementara harga emas berjangka AS untuk pengiriman April turun 0,2 persen pada $ 1,237.10.

Analis menyatakan pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal pada pertengahan Maret akan menjadi kemungkinan pemicu berikutnya untuk harga bergerak.

Kepala lima bank regional Federal Reserve AS dijadwalkan untuk berbicara sebelum Jumat. Selain itu, Gubernur Dewan Fed Jerome Powell muncul pada Rabu, ketika risalah dari pertemuan kebijakan terakhir juga dirilis.

Komentar mereka akan diawasi ketat untuk petunjuk pada kebijakan suku bunga. Berbicara di Singapura pada Senin, kepala Fed Cleveland Loretta Mester mengatakan dia akan nyaman jika suku bunga meningkat.

Dolar sedikit berubah terhadap euro karena keduanya berada di bawah tekanan; greenback tertekan penurunan imbal hasil obligasi AS dan euro tertekan kekhawatiran pemilu Perancis mendatang.

Minat investor telah menunjukkan tanda-tanda mereda sejak emas mencapai tertinggi tiga bulan pada 8 Februari, dimana SPDR Gold shares, kepemilikan emas terbesar di dunia yang didukung bursa ETF, melaporkan arus keluar 2,4 ton pada hari Jumat, yang pertama dalam hampir empat minggu.

Data juga menunjukkan pada hari Jumat bahwa spekulan memotong posisi net long mereka di COMEX emas untuk pertama kalinya dalam tiga minggu di minggu ke 14 Februari.

Perak turun 0,1 persen pada $ 17,96 per ons, platinum turun 0,4 persen menjadi $ 996,74 dan paladium naik 0,4 persen menjadi $ 776,70.

Pada hari senin Pasar AS libur memperingati Hari Presiden.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi bergerak tipis cenderung lemah dengan liburnya pasar AS. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,234 – $ 1,232, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 1,238 – $ 1,240. PT Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews