PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Spot Kembali Tergerus, Dollar AS Menguat Terhadap Major Currencies

Kamis, 24 Juli 2014

Harga emas spot dan berjangka di Bursa Comex pada perdagangan Rabu 23 Juli 2014 terpantau ditutup melemah tipis dini hari tadi. Pelemahan harga emas di Bursa Comex dipicu oleh pergerakan menguat pada nilai mata uang Dollar AS.

Pergerakan menguat nilai Dollar AS pada Rabu lalu, terpantau menjadi faktor determinan terkuat yang memicu kembali tergerusnya harga emas di Bursa Comex. Nilai Dollar AS yang naik hingga 0,4% terhadap kumpulan Major Currencies, membuat harga emas menjadi relatif bertambah mahal akibat emas Comex yang diperdagangkan dalam Dollar AS.

Sebelumnya, harga emas telah terangkat dalam 6 dari 7 pekan terakhir akibat kondisi geopolitik global yang belum stabil. Imbas dari hal tersebut, harga emas bahkan hingga kini masih dapat berada pada kisaran diatas $1.300/t oz. Namun, data AS, indikasi kelanjutan kebijakan The Fed, serta penguatan Bursa Wall Street telah memicu pelemahan harga emas sejak pekan lalu.

Pada perdagangan Rabu 23 Juli 2014 di Bursa Comex, harga emas spot ditutup melemah tipis dini hari tadi. Harga emas spot Comex turun 0,13% ke tingkat harga $1.304,5/t oz atau melemah $1,7/t oz.

Sementara pada perdagangan emas berjangka Comex, harga emas berjangka juga terpantau ditutup melemah. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus 2014 turun 0,12% ke tingkat harga $1.305,2/t oz atau melemah $1,6/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas akan cenderung melemah pada perdagangan ini namun akan cukup terpengaruh oleh rilis data klaim pengangguran AS pada hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh dibutuhkannya sentimen arahan baru pada pergerakan harga emas setelah faktor fundamental dari data AS sebelumnya serta geopolitik global telah melemah. Terkait pergerakan harga emas, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.298-$1.314 pada emas spot dan $1.298-$1.315 pada emas berjangka Comex kontrak Agustus 2014.

Sumber : Vibiznews