PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Semakin Tergerus, Inflasi Inggris dan AS Membaik

Rabu, 20 Agustus 2014

Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Selasa 19 Agustus 2014 terpantau ditutup melemah. Pelemahan harga emas LLG dipicu oleh rilis data inflasi AS dan Inggris yang berada dalam kondisi membaik serta penguatan nilai Dollar AS.

Rilis data inflasi AS dan Inggris pada Selasa lalu, terpantau kembali memicu harga emas untuk terus melemah setelah rapuhnya dorongan faktor geopolitik. Data inflasi inti Inggris dan AS yang keduanya cenderung membaik, berdampak kepada semakin melemahnya demand terhadap safe haven. Berdasarkan laporan Selasa lalu, inflasi inti YoY Inggris berada di level 1,8% atau membaik 0,2% dibandingkan periode yang sama tahun 2013. Sementara inflasi inti AS secara YoY berhasil ditahan di level 1,9%, namun inflasi berhasil ditekan dari 2,1% ke 2,0%.

Selain faktor rilis data inflasi, harga emas juga mengalami tekanan kuat dari masih tingginya nilai Dollar AS dan pergerakan di bursa saham global. Penguatan yang terjadi pada nilai Dollar AS serta bursa Wall Street yang kembali menghijau dengan peningkatan cukup signifikan masih mengindikasikan minat terhadap safe haven dalam posisi cukup lemah.

Pada penutupan perdagangan Selasa 19 Agustus 2014, harga emas LLG terpantau ditutup melemah. Harga emas LLG ditutup melemah 0,21% ke tingkat harga $1.295,65/t oz atau turun $2,75/t oz.

Sementara pada perdagangan emas di bursa berjangka Comex, harga emas juga terpantau ditutup melemah. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 turun 0,20% ke tingkat harga $1.296,7/ t oz atau melemah $2,6/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas masih akan cenderung bergerak melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh fundamental negatif yang masih cukup kuat dari pergerakan bursa saham dan nilai Dollar AS. Selain itu, posisi wait and see terhadap hasil rapat MPC dan FOMC juga akan turut memicu pelemahan pada harga emas yang relatif telah kehilangan fondasi penguatan dari faktor geopolitik global.terkait pergerakan harga emas, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.284-$1.306 pada emas LLG dan $1.286-$1.308/t oz pada emas berjangka Comex kontrak Desember 2014.

 

Sumber : Vibiznews?

 

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Flickr