PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Retreat Terganjal Penguatan Dollar AS Setelah Pidato Kemenangan Trump

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo Berjangka, Harga emas retreat dari kenaikan tajam yang dibuat sebelumnya pada akhir perdagangan hari Kamis dinihari (10/11), setelah pidato kemenangan damai dari Donald Trump presiden terpilih AS membantu rebound dolar.

Emas telah naik hampir 5 persen untuk enam minggu tinggi $ 1,337.40 per ons setelah calon Partai Republik Donald Trump telah menang atas calon Partai Demokrat Hillary Clinton dalam pemilihan presiden, kejutan untuk pasar yang mendorong investor untuk mencari perlindungan di aset safe haven seperti emas.

Tapi harga emas kemudian jatuh kembali di bawah $ 1.300 per ons karena dolar AS bergerak lebih tinggi dan pasar saham Wall Street menguat.

Harga emas spot LLG turun 0,19 persen pada $ 1,272.66 per ons, sedangkan harga emas berjangka AS Desember berakhir di 1.273,50 per ons, setelah mencapai puncaknya pada $ 1,338.30.

Dolar AS, peso Meksiko dan pasar saham dunia awalnya jatuh pada Rabu, karena Trump meraih kemenangan, tapi ketakutan dari kejutan gaya Brexit yang menyapu triliunan pasar global gagal terwujud.

Kemenangan Trump melemparkan mempertanyakan asumsi inti di pasar keuangan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga segera dan diikuti dengan kenaikan bertahap lebih lanjut selama tahun-tahun mendatang.

Spekulasi muncul bahwa Ketua Fed Janet Yellen dapat mengundurkan diri sebelum akhir masa jabatannya pada bulan Januari 2018, setelah Trump menuduh bank sentral AS untuk menjaga suku bunga rendah untuk mendukung Presiden incumbent Barack Obama, dan menunjukkan bahwa ia mungkin menggantikan Yellen.

Spot perak berada di $ 18,62 per ons, naik 1,5 persen, setelah naik ke level tertinggi sejak 3 Oktober di $ 18,996 per ons. Platinum adalah 0,7 persen lebih tinggi pada $ 1,009.60 per ons, sementara paladium naik 0,8 persen pada $ 668,30.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas pada perdagangan selanjutnya berpotensi bergerak lemah dengan menguatnya dollar AS dan pasar saham. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Support  $ 1,271-$ 1,269, sedangkan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,275-$ 1,277. PT. Rifan Financindo Berjangka.

 

 

Sumber : Vibiznews