PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Retreat Dari Tertinggi 7 Minggu

Rifan Financindo

 

Rifan Financindo – Harga Emas turun dari level tertinggi tujuh minggu pada akhir perdagangan Kamis dinihari (03/08) terganjal profit taking setelah rally baru-baru ini, dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat di Eropa dan meningkatnya pasar saham A.S. mendorong peralihan ke aset berisiko.

Namun harga emas didukung oleh keraguan suku bunga A.S. akan meningkat dengan cepat sementara pasar menunggu data penggajian A.S. pada hari Jumat untuk petunjuk lebih lanjut.

Harga emas spot LLG turun 0,05 persen pada $ 1,267.68 per ons. Pada kemarin menyentuh $ 1.273,97, tertinggi sejak 14 Juni, meningkat hampir 6 persen dari level rendah di awal Juli.

Harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Desember turun 0,08 persen menjadi $ 1,278.40.

Analis menyatakan data Eropa yang bagus memberikan optimisme yang lebih besar terhadap prospek, sehingga investor tidak perlu mencari lindung nilai risiko yang disediakan emas. Namun mengatakan harga tidak mungkin bergerak signifikan sebelum data gaji hari Jumat. Gejolak politik di Washington dan serangkaian indikator ekonomi yang lemah telah mengurangi ekspektasi bahwa Federal Reserve A.S. akan menaikkan suku bunga dengan cepat.

Analis lain juga menyatakan kemungkinan investor mencari beberapa bukti lebih lanjut mengenai angka inflasi yang lebih kuat sebelum mereka sedikit lebih optimis mengenai kenaikan suku bunga.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga karena mereka menaikkan imbal hasil obligasi, meningkatkan biaya peluang untuk menahan bullion yang tidak menghasilkan, dan cenderung mendorong dolar, di mana harga emas dihargai.

Dolar tetap mendekati posisi terendah 14 bulan sementara imbal hasil obligasi A.S. naik sedikit.

Namun permintaan emas fisik telah lemah, dengan kepemilikan emas terbesar di dunia yang diperdagangankan di bursa ETF, SPDR Gold Trust, turun lebih dari 7 persen di bulan Juli, arus keluar bulanan terbesar sejak April 2013.

Di logam mulia lainnya, perak turun 0,27 persen menjadi $ 16,655 per ons setelah sebelumnya menyentuh level tertinggi sejak 29 Juni.

Platinum 0,5 persen lebih tinggi pada $ 948,40 per ons. Palladium naik 0,19 persen pada $ 893,70 per ounce.

Logam yang digunakan dalam industri otomotif untuk pengendali catalytic pengubah emisi menyentuh $ 900 untuk pertama kalinya sejak 13 Juni pada hari Selasa. Namun data penjualan mobil A.S. sempat mengecewakan, kata analis.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas bergerak lemah terpicu penguatan bursa Wall Street dimana indeks Dow Jones mencapai rekor terbaru dan data ekonomi Eropa positif. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,266.00-$ 1,264.00, namun jika harga bergerak naik akan menembus kisaran Resistance $ 1,270.00-$ 1,272.00. Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews