PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Rebound Dengan Pudarnya Harapan Kenaikan Suku Bunga AS

PT. Rifan Financindo Berjangka

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Harga Emas rebound pada akhir perdagangan Selasa dinihari dari minggu terlemah sejak November setelah data pekerjaan AS lemah pada hari Jumat mengurangi spekulasi dari kenaikan suku bunga jangka pendek, dan setelah pembeli Tiongkok kembali setelah liburan Golden Week.

Harga emas spot naik 0,2 persen pada $ 1,259.15 per ons, sementara harga emas berjangka AS untuk pengiriman Desember ditutup lebih tinggi 0,7 persen pada $ 1,260.40 per ons.

Emas turun 4,5 persen pekan lalu, menyentuh level terendah empat bulan $ 1,241.20 per onspada hari Jumat, setelah istirahat dari dukungan di $ 1.300 menimbulkan gelombang penjualan teknis.

Sejak itu pulih karena pedagang menimbang prospek kenaikan suku bunga AS akhir tahun ini setelah data payrolls pada hari Jumat datang lebih lemah dari yang diperkirakan, memperkuat ekspektasi bahwa kenaikan hanya akan dilakukan secara bertahap.

Manajer hedge fund dan keuangan memotong posisi net long mereka di kontrak emas COMEX ke posisi terendah empat bulan pada minggu ke 4 Oktober, karena harga anjlok, data pemerintah AS menunjukkan.

Namun, emas terbesar di dunia yang didukung bursa ETF, kepemilikan yang terdaftar di New York, SPDR Gold Shares, melaporkan kenaikan terbesar satu hari dalam kepemilikan sejak awal Juli, Jumat, dari 11,3 ton.

Keuntungan dalam emas tertahan pada hari Senin oleh persepsi bahwa calon Presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton telah menang atas calon Partai Republik Donald Trump dalam debat presiden AS kedua semalam. Kemenangan Trump dipandang sebagai menguntungkan untuk emas, kata analis, karena akan meningkatkan ketidakpastian.

Di antara logam mulia lainnya, perak naik 1,2 persen pada $ 17,72. Ini membukukan penurunan mingguan terbesar dalam lebih dari tiga tahun pekan lalu, turun 8,5 persen.

Platinum naik 0,5 persen lebih tinggi pada $ 971, setelah menyentuh $ 946,40 per ons pada hari Jumat, terendah sejak 7 April.

Palladium mengalahkan kejatuhan lima sesi sebelumnya, dan berakhir 1 persen lebih tinggi pada $ 671,60.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi lemah dengan terjadinya penguatan dollar AS dan positifnya bursa Wall Street. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,257-$ 1,255, sedangkan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,261-$ 1,263. PT. Rifan Financindo Berjangka.

 

 

Sumber : Vibiznews

Save