PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Rally Dengan Powell Menyebut Ketidakpastian & Cenderung Dovish

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Harga emas naik tinggi dan mendekati ketinggian harian pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Rabu kemarin. Dalam pidatonya di depan Wakil Rakyat AS, Gubernur Federal Reserve Jerome Powell menyebutkan beberapa keprihatinan mengenai ekonomi AS yang oleh para trader dipandang “dovish” terhadap kebijakan moneter.

Emas berjangka bulan Agustus terakhir diperdagangkan naik $7.20 per ons pada $1,407.90. Harga perak Comex bulan September terakhir naik $0.128 per ons pada $15.27.

Dalam text nya Powell mengatakan sejak pertemuan FOMC bulan Juni, ketidakpastian, termasuk ketegangan perdagangan dunia, pertumbuhan global dan inflasi yang sangat rendah, terus membayangi outlook ekonomi AS dan kondisi ini tidak membaik. Dia berkata bahwa outlook ekonomi AS adalah solid, namun prospek bagi perekonomian negara utama dunia lainnya mengkuatirkan. Pasar membaca pernyataannya ini sebagai “dovish” atas kebijakan moneter AS, yang pada gilirannya dengankuat menunjukkan bahwa the Fed akan memangkas tingkat bunga secepatnya dan kemungkinan pada bulan ini. Ini adalah skenario yang “bullish” bagi pasar metal.

Pasar saham Asia dan Eropa kebanyakan melemah di dalam perdagangan yang lebih sepi semalam. Indeks saham AS mengarah turun secara moderat pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Hal kunci diluar pasar metal adalah naiknya harga minyak mentah Nymex dan diperdagangkan disekitar $59.00 per barel. Indeks dolar AS turun dan mendekati kerendahan harian setelah pernyataan Powell yang telah disiapkan sebelumnya dirilis.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,442.90 setelah melewati $1,420 dan kemudian $1,425.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,384.70 setelah melewati $1.400.00 dan kemudian $1,391.80. Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Vibiznews

Leave a Reply