PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Raih Kenaikan Mingguan Pertama, Melonjak 2 Persen

Rifan Financindo

 

Rifan Financindo – Harga Emas naik pada akhir perdagangan Sabtu dinihari (18/03) dan berada di jalur untuk kenaikan mingguan pertama sejak Februari karena dolar AS mencapai level terendah lima minggu menyusul sikap hati-hati Federal Reserve AS pada kebijakan suku bunga.

Harga emas spot LLG naik 0,26 persen pada $ 1,229.56 per ounce. Pada Kamis emas mencapai $ 1,233.13, tertinggi sejak 6 Maret. Untuk minggu ini harga emas naik sekitar 2 persen.

Harga emas berjangka AS untuk pengiriman April ditutup naik $ 3,10 pada $ 1,230.20.

The Fed menaikkan suku bunga AS pada Rabu seperti yang diperkirakan, tetapi di bawah perkiraan sebelumnya dengan menyatakan tiga kenaikan suku bunga tahun ini, tidak berubah dari sebelumnya. Hal ini mengecewakan beberapa investor yang berharap untuk petunjuk dari empat kenaikan yang dimungkinkan pada 2017.

Investor juga melihat ke depan untuk pertemuan pemimpin keuangan Kelompok 20 di Jerman akhir pekan ini, di mana setiap upaya oleh pemerintahan Trump untuk mengejar kebijakan proteksionis bisa menyulut permintaan emas sebagai safe haven.

Namun analis juga menyatakan pertumbuhan ekonomi AS yang kuat pasti akan mendorong The Fed untuk menaikkan suku bunga, menempatkan tekanan pada emas.

Suku bunga naik menyebabkan imbal hasil obligasi yang lebih tinggi, yang meningkatkan biaya kesempatan memegang emas dan cenderung untuk meningkatkan dolar.

Kepemilikan SPDR Gold Trust turun 0,28 persen menjadi 837,06 ton pada hari Kamis dari 839,43 ton pada hari Rabu. Emas terbesar di dunia yang didukung  bursa ETF ini melihat arus keluar setelah tiga sesi berturut-turut dari arus masuk minggu ini.

Harga perak spot naik 0,41 persen menjadi $ 17,35 per ons. Logam mencapai tertinggi sejak 7 Maret di sesi sebelumnya.

Platinum naik 0,82 persen menjadi $ 961,30, sementara paladium naik 1,41 persen pada $ 774,75.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik jika pelemahan dollar AS berlanjut Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,232 – $ 1,234, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support 1,228 – $ 1,226. Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews