PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Naik Tipis Terbantu Pelemahan Dollar AS

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Harga Emas naik tipis, namun mundur dari lima bulan tinggi pada akhir perdagangan Jumat dinihari (14/04) karena dolar mundur setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan mata uang AS terlalu kuat.

Logam mulia berada di jalur untuk pekan terbaik sejak Juni, namun karena kekhawatiran atas ketegangan di Korea Utara dan Timur Tengah terus membawa pasar saham di bawah tekanan.

Harga emas spot LLG naik 0,02 persen pada $ 1,286.42 per ons, sementara AS berjangka emas untuk pengiriman Juni naik $ 10,40 untuk menetap di $ 1,288.50.

Volume perdagangan di pasar yang lebih luas telah jelas di depan Paskah, dengan sebagian besar pasar keuangan ditutup untuk libur Jumat Agung.

Sementara dolar menurun setelah, komentar Trump membuat imbal hasil Treasury di jalur untuk penurunan mingguan terbesar sejak akhir 2015, sementara pasar saham turun 0,3 persen di Eropa.

Kekhawatiran uji coba senjata baru  Korea Utara sebagai kelompok angkatan laut AS berlayar menuju wilayah tersebut, serta kekhawatiran tentang pemilihan presiden Perancis yang akan datang, juga membuat investor berhati-hati.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada Rabu bahwa kepercayaan telah terkikis antara Amerika Serikat dan Rusia di bawah Trump, sebagai Moskow menyampaikan penerimaan tidak biasa Menteri Luar Negeri Rex Tillerson terkait ketegangan Suriah.

Di pasar emas fisik yang besar, logam mulia itu dijual dengan diskon untuk harga spot di India pekan ini untuk pertama kalinya dalam enam minggu, sementara permintaan di tempat lain di Asia tetap tenang.

Di antara logam mulia lainnya, perak naik 0,11 persen pada $ 18,48. Platinum adalah 0,06 persen lebih rendah pada $ 967,95, sedangkan paladium turun 0,29 persen menjadi $ 794,72.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik jika pelemahan dollar AS berlanjut dan peningkatan permintaan menjelang paskah. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,288 – $ 1,290, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support 1,284 – $ 1,282. Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Vibiznews