PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Naik Tipis, Penguatan Dollar AS Membayangi

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Harga Emas naik tipis pada akhir perdagangan Kamis dinihari (30/03) terpicu ketidakpastian tentang pembicaraan Brexit, pemilu Perancis dan kebijakan ekonomi Presiden Donald Trump yang mendorong pembelian safe haven yang mengimbangi penguatan dolar AS.

Harga emas spot naik 0,09 persen pada $ 1,252.61 per ons. Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman April merosot $ 1,90 untuk menetap di $ 1,253.70.

Analis menyatakan adanya ketidakpastian mengenai perdagangan Trump setelah kegagalan pekan lalu untuk merombak Obamacare dan ketidakpastian di Eropa dengan pemilu Perancis datang dan mulai resmi hari ini negosiasi Brexit meningkatkan permintaan safe haven.

Perdana Menteri Theresa May akan mengajukan surat pemisahan resmi Inggris dari Uni Eropa atau Brexit pada Rabu, memicu ketidakpastian negosiasi yang akan menguji daya tahan Uni Eropa.

Dolar AS menguat membatasi keuntungan emas, karena keluar dari 4,5 bulan terendah, analis dan pedagang mengatakan.

Kekuatan dalam mata uang AS membuat emas dalam denominasi dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya, berpotensi menurunkan permintaan.

Sementara itu, kepemilikan SPDR Gold Trust, emas terbesar di dunia yang didukung exchange-traded fund, yang dianggap sebagai ukuran permintaan investasi, melaporkan arus keluar 1,8 ton pada hari Selasa.

Dalam logam mulia lainnya, harga paladium turun 0,49 persen ke $ 788,60 per ons, setelah menyentuh puncak dua tahun $ 815,40 pada hari Jumat.

Perak spot naik 0,11 persen menjadi $ 18,17 per ons. Pada sesi sebelumnya, logam mencapai $ 18,24, tertinggi sejak Maret 2. Platinum naik 0,74 persen menjadi $ 954 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi lemah jika penguatan dollar AS terus berlanjut. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,251 – $ 1,249, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 1,255 – $ 1,257. Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Vibiznews