PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Naik Terpicu Kebijakan Imigrasi AS dan Politik Eropa

Rifan Financindo

 

Rifan Financindo – Harga Emas naik pada akhir perdagangan Selasa dinihari (31/01) pada ketidakpastian politik terkait kebijakan imigrasi Presiden AS Donald Trump dan pemilu di Eropa yang mendukung harga.

Harga emas spot LLG naik 0,47 persen pada $ 1,194.00 per ons. Itu dibandingkan dengan 2,5 minggu terendah Jumat $ 1,180.65.

Harga emas berjangka AS naik $ 4,90 untuk berakhir di $ 1.196.

Pedagang melaporkan aktivitas tenang karena liburan Tahun Baru Imlek di banyak negara Asia dan beberapa kehati-hatian sebelum pertemuan dua hari Federal Reserve pada kebijakan moneter yang dimulai pada hari Selasa.

Analis Commerzbank menyatakan arah emas masa depan akan tergantung pada dolar AS, kebijakan moneter AS dan suku bunga jangka panjang. Juga larangan imigrasi menambahkan ke sentimen risiko dan mendorong emas sebelumnya, juga ada risiko juga politik yang datang dalam pemilu di Perancis dan Belanda.

The Fed menaikkan suku bunga pada bulan Desember dan pada waktu itu mengisyaratkan sebanyak tiga kenaikan pada tahun 2017 sebagai pemerintahan Trump mengambil alih dengan janji-janji untuk meningkatkan pertumbuhan melalui pemotongan pajak, pengeluaran dan deregulasi.

Suku bunga yang lebih tinggi bisa berarti mata uang AS yang lebih tinggi, yang membuat emas dalam denominasi dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya, berpotensi mengurangi permintaan.

Negatif untuk emas bisa memicu tindakan spekulan memotong posisi net long mereka di pasar berjangka, setelah dua minggu berturut-turut meningkat, menurut data dari CFTC, yang juga menunjukkan mereka meningkatkan kepemilikan perak mereka ke tertinggi sejak awal November.

Spot perak naik sedikit pada $ 17,08 per ons dan paladium naik 0,11 persen menjadi $ 736,80 per ons. Platinum naik 0,19 persen menjadi $ 985,50.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik jika pelemahan dollar AS berlanjut. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,196 – $ 1,198, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,192 – $ 1,190. Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews