PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Naik Terbantu Pelemahan Dollar AS dan Ketidakpastian Geopolitik

Rifan Financindo

 

Rifan Financindo – Harga Emas naik pada akhir perdagangan Rabu dinihari (19/04) setelah mencapai puncak lima bulan sesi sebelumnya, terbantu oleh pelemahan dolar AS, ketegangan Korea Utara dan kegugupan menjelang pemilihan presiden Perancis.

Harga emas spot LLG naik 0,43 persen pada $ 1,289.76 per ons, setelah naik ke $ 1,295.42 di sesi sebelumnya, tertinggi sejak 9 November.

Harga emas berjangka AS naik $ 2,20 untuk berakhir di $ 1,294.10.

Indeks dolar AS jatuh dekat terendah tiga pekan pada data mengecewakan housing starts AS dan ketegangan pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan Jepang, sementara pound Inggris melonjak setelah Perdana Menteri Theresa May menyerukan pemilihan umum lebih cepat.

Pernyataan May menambahkan daftar perpanjangan ketidakpastian bagi investor yang sudah berada dalam ketegangan geopolitik yang juga termasuk Suriah, Afghanistan, Turki dan hubungan AS dengan Rusia dan Tiongkok.

Melemahnya dolar membuat emas dalam dolar lebih murah untuk investor non-AS.

Wakil Presiden AS Mike Pence meyakinkan Jepang terkait komitmen Amerika untuk mengekang ambisi nuklir dan rudal Korea Utara pada hari Selasa, setelah memperingatkan bahwa penyerangan AS di Suriah dan Afghanistan menunjukkan kekuatan tekad AS.

Di Perancis, investor tetap gelisah menjelang putaran pertama Prancis presiden hari Minggu ini, meskipun jajak pendapat menempatkan kandidat sentris Emmanuel Macron pertama di putaran pertama pemungutan suara, tepat di depan sayap kanan, calon anti-euro Marine Le Pen.

Perak spot kehilangan 0,41 persen menjadi $ 18,30 per ons, setelah mencapai lebih dari lima bulan dari $ 18,649 di sesi sebelumnya.

Platinum turun 0,41 persen menjadi $ 976 per ons, sementara paladium turun 1,93 persen menjadi $ 773,25, setelah mencapai terendah sejak 20 Maret sebelumnya di $ 775,97.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi lemah dengan potensi profit taking. Namun jika pelemahan dollar AS berlanjut dan peningkatan ketegangan geopolitik terjadi, dapat mengangkat harga. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,288 – $ 1,286, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 1,292 – $ 1,294. Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews