PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Naik Solid Ditengah Meningkatknya Ketegangan Geopolitik

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Harga emas membukukan keuntungan yang bagus dan kembali mendekati ketinggian enam tahun pada minggu lalu $1,415.40 pada berjangka bulan Agustus. Permintaan “safe-haven” ditengah meningkatnya event-event  geopolitik terus membuat harga emas naik. Selain itu, indeks dolar AS jatuh yang menyentuh kerendahan selama tiga bulan kemarin dimana hal ini juga bekerja mendukung naik pasar metal berharga.

Psikologi trader atas pasar emas dan perak kelihatannya telah bergerak ke mental “beli dibawah” dari sebelumnya  sikap “jual rally diatas” yg telah terjadi sejak bulan diingin tahun lalu.

Emas berjangka bulan Agustus terakhir naik $11.50 per ons pada $1,411.60.. Harga perak Comex bulan Juli terakhir naik $0.04 pada $15.33.

Pasar saham Asia dan Eropa bercampu mengarah ke kelemahan semalam. Indek saham AS mengarah sedikit lebih rendah pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Konfrontasi AS-Iran di daerah Teluk Persia terus berbuih sebagai penggerak pasar. Berita-berita pada akhir minggu yang mengemuka adalah bahwa AS pada minggu lalu telah melakukan serangan-cyber atas Iran, spesifiknya pada kemampuannya untuk menyerang kapal-kapal besar di laut dan kemampuannya untuk meluncurkan misil- misil.  Selain itu, Presiden Trump mengatakan akan ada sanksi-sanksi baru yg akan dikenakan kepada Iran  pada minggu ini. Situasi seperti ini yang sedang berkembang di sekitar pasar untuk sementara waktu

adalah “bullish”  bagi pasar metal berharga.

Presiden AS Trump dan Presiden Cina Xi diskedulkan untuk bertemu di Jepang pada pertemuan G20 pada akhir minggu ini dan mendiskusikan perang dagang mereka yang berkelanjutan.  Hasil dari pertemuan ini bisa memberikan implikasi yang besar terhadap pasar, khususnya jika sebuah persetujuan dicapai untuk mengakhiri perang dagang.

Hal kunci lainnya diluar pasar emas pada hari kemarin adalah naiknya harga minyak mentah Nymex dan diperdagangkan di bawah $58.00 per barel.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas selanjutnya adalah menembus “resistance” yang solid di $1,450.00 setelah melewati $1,415.40 dan kemudian $1,425.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,361.50 setelah melewati $1,403.60 dan kemudian $1,400.00. Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Vibiznews