PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Naik Setelah Rilis Data Pekerjaan AS Yang Buruk

PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo – Harga emas naik sedikit dan menyentuh ketinggian selama 3,5 bulan pada pagi hari perdagangan sesi Amerika Serikat hari Jumat minggu lalu, dan telah mengalami “rally” yang disebabkan oleh laporan pekerjaan AS yang jauh lebih lemah daripada yang diperkirakan. Harga emas telah telah turun dari kenaikan awal setelah laporan “employment”, karena sebagian aksi ambil untung oleh trader berjangka jangka pendek menjelang akhir minggu lalu. Anggapan meningkat bahwa Federal Reserve segera memangkas tingkat bunga AS. Hal ini adalah “bullish” bagi pasar metal berharga.

Emas berjangka bulan Agustus terakhir naik $3.10 per ons pada $1,345.70. Harga perak Comex bulan Juli terakhir naik $0.075 pada $14.98 per ons.

Laporan situasi “employment” untuk bulan Mei dari Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan kenaikan non-farm payrolls hanya 75.000. Sementara diperkirakan laporan ini akan merilis angka sebesar 180.000. Sebelumnya pada hari Rabu, laporan “employment” nasional untuk bulan Mei dari ADP juga menunjukkan hanya ada penambahan sebanyak 27.000 pekerjaan pada bulan tersebut. Angka yang lemah tersebut membuat para pemerhati pasar memperkirakan angka laporan yang lebih penting – Non-Farm Payroll – juga akan lemah. Laporan pekerjaan yang buruk pada hari Jumat minggu lalu menaikkan secara signifikan kemungkinan Federal Reserve akan memangkas tingkat bunga lebih cepat dan kemungkinan bulan ini.

Imbal hasil obligasi Treasury AS jatuh karena berita mengenai “employment”, sementara indeks dolar AS mengalami aksi jual dan jatuh ke kerendahan selama enam minggu.

Indeks saham Asia dan Eropa kebanyakan menguat semalam. Indeks saham AS mengarah sedikit menguat pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Indeks saham AS telah membukukan keuntungan yang solid pada minggu ini dan telah memperoleh kembali momentum “bullish” secara tehnikal setelah menyentuh kerendahan selama tiga bulan pada hari Senin.

Hal kunci lainnya diluar pasar emas adalah harga minyak mentah yang menguat dan diperdagangkan pas diatas $53.00 per barel setelah jatuh ke hampir lima bulan kerendahan pada hari Rabu.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,361.50 setelah melewati $1,349.80. Sementara penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,325.00 setelah melewati $1,334.30 dan kemudian $1,330.00. PT Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews