PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Naik Menuju Akhir Minggu Yang Tidak Ada Kepastian

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Harga emas naik moderat pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Jumat minggu lalu, karena sebagian permintaan “safe-haven” yang baru menuju ke akhir minggu yang kemungkinan bisa menghasilkan kesepakatan perdagangan AS-Cina, atau sebaliknya kedua negara memperkuat kuda-kuda untuk perang dagang yang sangat panjang. Dan selain itu para trader mengetahui bahwa ketegangan AS dengan Iran di Teluk Persia masih tetap tinggi.

Emas berjangka bulan Agustus terakhir naik $5.10 per ons pada $1,417.00. Harga perak Comex bulan Juli terakhir naik $0.02 pada $15.225 per ons.

Pasar saham Asia kebanyakan melemah semalam, sementara indeks saham Eropa kebanyakan menguat. Indeks saham AS mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Kebanyakan pasar menjadi lebih tenang dan beristirahat ditengah-tengah konferensi dari Group 20 yang berlangsung di Jepang yang akan menghasilkan pertemuan antara Presiden AS Trump dengan Presiden Cina Xi pada akhir minggu. Cina telah meletakkan beberapa kondisi kepada Amerika Serikat untuk membuat kesepakatan perdagangan, namun Trump kemungkinan tidak mau menerimanya, termasuk menghapuskan sanksi untuk perusahaan raksasa telekomunikasi Cina Huawei. Hasil dari pertemuan tingkat tinggi Amerika Serikat dengan Cina ini masih sangat tidak pasti dan bisa memiliki implikasi yang besar terhadap banyak pasar yang akan buka kembali pada hari Senin pagi.

Dari data ekonomi, Consumer Price Index (CPI) zona Euro muncul naik 1.2%, YoY, yang adalah sesuai dengan ekspektasi pasar namun masih terlalu rendah dibandingkan dengan target dari European Central Bank. Laporan inflasi ini adalah satu kejatuhan lagi yang memperkuat kubu kebijakan moneter yang “dovish” untuk zona Euro yang menginginkan ECB menyuntik lebih banyak stimulus kedalam ekonomi.

Hal kunci lainnya diluar pasar adalah harga minyak mentah Nymex yang mendekati stabil dan diperdagangkan disekitar $59.50 per barel. Sementara itu, indeks dolar AS turun sedikit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas selanjutnya adalah menembus “resistance” yang solid di $1,442.90 setelah melewati $1,427.80 dan kemudian $1,430.00. Sebaliknya penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,400.00 setelah melewati $1,411.30 dan kemudian $1,401.40. PT Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews