PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Naik Ke Ketinggian 6 Tahun Karena Pelonggaran Fed

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Harga emas dan perak naik solid pada awal perdagangan sesi AS hari Jumat. Emas menyentuh ketinggian selama 6 tahun, sementara perak menyentuh ketinggian selama 13 bulan. Seorang pejabat kunci dari Federal Reserve pada hari Kamis sore mengejutkan pasar dengan komentarnya yang “dovish” secara agresif atas kebijakan moneter.

Emas berjangka bulan Agustus terakhir naik $11.20 per ons pada $1,439.30. Harga perak Comex bulan September terakhir naik $0.202 pada $16.40 per ons.

Pasar masih membicarakan mengenai pernyataan yang dibuat oleh Presiden Federal Reserve Bank New York yang berpengaruh John Williams pada hari Kamis sore. Dia menyarankan the Fed seharusnya lebih agresif di dalam tindakan kebijakan moneternya untuk mencegah perlambatan di dalam ekonomi AS. Hal ini menyebabkan para pengamat pasar percaya the Fed bisa  memangkas tingkat bunga sebanyak 0.5% pada pertemuan FOMC akhir Juli. Kemudian, Federal Reserve mencoba memperbaiki komentar dari Presiden Federal Reserve St Louis James Bullard pada hari Jumat berkata pemangkasan tingkat bunga sebesar 0.25% adalah pantas.

Saham-saham Asia dan Eropa kebanyakan semalam naik. Indeks saham AS mengarah sedikit lebih tinggi pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Indeks saham AS menyentuh rekor ketinggian pada awal minggu ini.

Dolar AS pada hari Kamis malam jatuh dan harga Treasury AS mengalami rally setelah pernyataan William.

Hal kunci diluar dari pasar metal berharga adalah menguatnya harga minyak mentah Nymex dan diperdagangkan sedikit dibawah dari $56.00 per barel. Kenaikan harga minyak memudar pada minggu ini ditengah pembicaraan AS dan Iran bisa mulai berbicara, mengenai sanksi AS atas Iran. Sementara itu indeks dolar AS menguat pada hari Jumat yang lalu karena “rebound” setelah terjadinya aksi jual pada hari Kamis menyusul komentar dari William.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas selanjutnya adalah menembus “resistance” yang solid di $1,500.00 setelah terlebih dahulu melewati $1,454,40 dan kemudian $1,460.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas selanjutnya adalah menembus “support” yang solid di $1,400.00 setelah terlebih dahulu melewati $1,436.20 dan kemudian $1,425.00. PT Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews