PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Mundur Dari Tertinggi 1 Bulan; Ketidakpastian Politik Membayangi

Rifan Financindo

 

Rifan Financindo – Harga Emas sempat mencapai level tertinggi satu bulan pada akhir perdagangan Rabu dinihari (31/05), namun berakhir mundur terpicu melemahnya permintaan karena liburnya pasar Tiongkok.

Harga emas spot LLG turun 0,27 persen menjadi $ 1,262.91 per ons, setelah sebelumnya sempat menyentuh level tertinggi satu bulan di $ 1,270.47.

Harga emas berjangka A.S. tergelincir $ 5,70 untuk menetap di $ 1,265.70 per ons.

Harga emas sempat naik dengan meningkatnya ketidakpastian politik di Eropa yang memicu permintaan safe haven.

Logam mulia, yang sering dilihat sebagai investasi alternatif selama masa ketidakpastian geopolitik dan keuangan, diuntungkan dengan yen Jepang dan obligasi pemerintah A.S. dari menghindari risiko di pasar global.

Investor khawatir tentang pemilihan minggu depan di Inggris, serta prospek pemilihan awal di Italia dan kekhawatiran atas utang Yunani, yang menurut para analis mendukung saham emas dan penyok.

Sebuah jajak pendapat di Inggris pada hari Selasa menunjukkan pimpinan Perdana Menteri Theresa May memimpin Partai Buruh oposisi turun menjadi 6 poin persentase menjelang pemilihan umum pekan depan.

Di Italia, mantan perdana menteri Matteo Renzi menyarankan pada hari Minggu bahwa pemilihan negara berikutnya diadakan bersamaan dengan Jerman, di tengah meningkatnya spekulasi bahwa orang Italia dapat memimpin pemungutan suara di musim gugur.

Jerman akan memberikan suara pada 24 September, sementara pemilihan umum dijadwalkan di Italia pada Mei 2018. Kesepakatan menteri keuangan zona Euro untuk menyetujui keringanan utang Yunani dengan Dana Moneter Internasional pekan lalu juga menambah keengganan risiko.

Ketidakpastian politik di Eropa juga membebani saham-saham dunia dan menahan euro di bawah tekanan. Pasar Tiongkok, Hong Kong dan Taiwan ditutup untuk liburan pada hari Selasa.

Di antara logam mulia lainnya, perak menandai tingkat tertinggi sejak 27 April di $ 17,47 per ons. Itu terakhir naik 0,06 persen pada $ 17,38.

Palladium naik 1,15 persen menjadi $ 806,20 setelah menembus $ 800 per ons pada hari Senin. Platinum turun 1,84 persen pada $ 935,80 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas selanjutnya berpotensi bergerak naik dengan ketidakpastiaon politik di Eropa dan jika pelemahan dollar AS berlanjut. Namun harga bisa turun jika permintaan fisik masih melemah pasca libur Tiongkok. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 1,265 – $ 1,267, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,261 – $ 1,259. Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews