PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Mixed, Penguatan Bursa Wall Street dan Eropa Berpotensi Menekan

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Harga Emas naik pada akhir perdagangan Jumat dinihari (21/04), setelah penurunan satu hari terbesar dalam lebih dari enam minggu, terdukung mundurnya dolar AS, meskipun pergerakannya diredam karena pasar menunggu hasil pemilihan presiden Prancis yang mendekat.

Harga emas spot LLG naik 0,06 persen pada $ 1,279.70 per ons. Logam mencapai ketinggian lima bulan di $ 1,295.42 pada hari Senin sebelum turun kembali.

Harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Juni beringsut turun 40 sen untuk menetap di $ 1,283.80.

Jajak pendapat menjelang pemungutan suara Prancis, yang dimulai akhir pekan ini, memberikan kandidat sayap kanan dan sayap kiri kesempatan untuk masuk persaingan bulan depan, meski kandidat utama Emmanuel Macron diperkirakan memimpin.

Analis menyatakan meskipun terdapat momentum positif seperti pemilu Perancis ini, namun maish akan ada sentimen data yang lebih kuat dari AS, dan imbal hasil mungkin akan naik, yang kemungkinan akan membatasi kenaikan untuk emas.

Meningkatnya pasar saham di Eropa dan Amerika Serikat, juga merongrong permintaan emas sebagai aset yang aman dari risiko.

Indeks dolar menahan kerugian sebelumnya pada hari Kamis karena data terbaru tentang klaim pengangguran domestik dan aktivitas bisnis di wilayah Mid-Atlantic gagal mengubah ekspektasi pedagang terhadap pertumbuhan ekonomi A.S. yang sederhana dan inflasi yang rendah.

Kepemilikan dari emas terbesar di dunia yang didukung bursa ETF, SPDR Gold Shares yang terdaftar di New York, naik 11,8 ton pada hari Rabu, arus masuk satu hari terbesar mereka sejak September, data dari dana tersebut menunjukkan.

Sementara itu, perak spot kehilangan 0,72 persen menjadi $ 17,95 per ons. Platinum 1,35 persen lebih tinggi pada $ 976, sementara paladium naik 3,24 persen pada $ 800,08.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi lemah dengan penguatan bursa Wall Street dan Eropa. Namun dapat terus naik jika dollar AS lanjutkan pelemahan, ditambah dengan ketegangan geopolitik dan menjelang pemilu Perancis juga dapat mendukung harga. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 1,278 – $ 1,276, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,282 – $ 1,284. PT Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews