PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Mingguan Turun; Penguatan Data Ekonomi dan Kenaikan Suku Bunga AS Menekan

Rifan Financindo

 

Rifan Financindo –Harga emas mixed pada akhir perdagangan akhir pekan Sabtu dinihari (09/12), namun berada di jalur penurunan mingguan terbesar sejak bulan Mei setelah kemajuan reformasi pajak A.S. memicu optimisme mengenai ekonomi A.S. dan mendorong kenaikan dolar AS, membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Harga emas spot LLG naik 0,13 persen pada $ 1,247.91 per ons pada 11:27 am ET, namun tetap berada di dekat level terendah Kamis di $ 1,243.71, terlemah sejak 26 Juli. Harga emas telah jatuh 2,5 persen minggu ini, penurunan mingguan ketiga berturut-turut dan terbesar sejak awal Mei .

Harga Emas berjangka A.S. turun 0,23 persen menjadi $ 1,250.20 per ons.

Sementara itu, data ketenagakerjaan A.S. yang dirilis lebih kuat dari perkiraan pada hari Jumat, yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang sehat dan menyarankan Federal Reserve akan menaikkan suku bunga minggu depan, seperti yang diharapkan.

Wall Street berakhir naik pada akhir pekan setelah rilis data pekerjaan A.S.

Emas secara umum dipandang sebagai investasi yang aman pada saat ketidakpastian. Fed A.S. diperkirakan pada minggu depan akan mengumumkan kenaikan suku bunga dan memberikan panduan mengenai laju kenaikan lebih lanjut. Ini sebelumnya telah memperkirakan kenaikan tiga tingkat di tahun 2018. Hal itu mungkin akan menekan harga emas karena kenaikan suku bunga mendorong imbal hasil obligasi, mengurangi daya tarik emas yang tidak menghasilkan, dan cenderung mendorong dolar.

Di antara logam mulia lainnya, perak naik 0,58 persen pada $ 15,817 namun turun hampir 4 persen minggu ini.

Platinum turun 0,75 persen pada $ 885,20 per ons dan di jalur turun 5 persen minggu ini, kerugian mingguan terbesarnya dalam sembilan bulan. Palladium 1,06 persen lebih rendah pada $ 1,003.90 per ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotesi lemah dengan menguatnya data ekonomi AS dan ekspektasi kenaikan suku bunga AS bulan ini. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,246-$ 1,244, dan jika harga bergerak naik akan berada di kisaran Resistance $ 1,250-$ 1,252. Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews