PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Mingguan Turun; Kenaikan Suku Bunga AS Desember Dicermati

Rifan Financindo

 

Rifan Financindo – Harga emas turun pada akhir perdagangan akhir pekan hari Jumat (24/11) terganjal aksi profit taking investor pada akhir minggu ini, namun ada harapan bahwa mereka dapat bergerak lebih tinggi minggu depan.

Harga emas spot LLG berakhir turun 0,20 persen pada $ 1,287.82 per ons. Untuk minggu ini harga emas turun 0,42 persen.

Harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Desember turun 0,33 persen menjadi $ 1,287.90.

Analis mengatakan bahwa emas didukung oleh rilis risalah Federal Reserve A.S. pada hari Rabu, yang dianggap sebagai “dovish” dan menurunkan ekspektasi pasar sedikit kenaikan suku bunga Maret.

Pandangan Fed yang berhati-hati tentang inflasi dapat menyebabkan periode suku bunga rendah yang lebih lama yang memberikan dukungan positif untuk investasi emas.

Suku bunga yang lebih tinggi cenderung mendorong dolar dan mendorong imbal hasil obligasi, menekan harga emas dengan meningkatkan biaya kesempatan untuk menahan emas yang tidak menghasilkan.

Pembelian emas fisik tetap tipis di pusat-pusat utama Asia minggu ini karena harga yang lebih tinggi menyokong permintaan, meskipun permintaan musiman diperkirakan akan mendorong aktivitas konsumen terasta Tiongkok bulan depan.

Di antara logam mulia lainnya, perak menambahkan 0,26 persen menjadi $ 17,01 per ons dan platinum naik 0,74 persen menjadi $ 940,10 per ons.

Palladium turun 0,74 persen menjadi $ 1.004 per ons setelah mencapai level tertinggi dua minggu di $ 1.013,70 pada sesi sebelumnya.

Perak tergelincir 1,1 persen untuk minggu ini dan bersiap untuk penurunan mingguan pertama dalam tiga minggu. Platinum turun 0,9 persen, di jalur untuk penurunan mingguan pertama dalam empat minggu. Palladium naik 0,9 persen, kenaikan mingguan pertama di tiga minggu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas selanjutnya berpotensi naik jika pelemahan dolar AS. Namun ekspektasi kenaikan suku bunga AS Desember dapat menjadi sentimen yang menekan emas. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,290-$ 1,292, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,286-$ 1,284. Rifan Financindo.

 

 

 

Sumber : Vibiznews