PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Mingguan Positif; Pergerakan Dollar AS dan Ketidakpastian Politik Dicermati

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Harga Emas mencapai level tertinggi dalam hampir empat minggu pada akhir perdagangan Sabtu dinihari (27/05) dengan ketidakpastian politik yang menyebabkan peningkatan permintaan safe haven untuk menghindari aset berisiko.

Para pemimpin negara-negara kaya dunia menghadapi perundingan yang sulit dengan Donald Trump pada pertemuan puncak G7 di Sisilia pada hari Jumat setelah presiden A.S. mengkritik sekutu NATO karena tidak membelanjakan lebih banyak pada pertahanan dan menuduh Jerman sangat buruk dalam kebijakan perdagangan.

Emas digunakan sebagai alternatif investasi pada masa ketidakpastian politik dan keuangan.

Harga emas spot LLG naik 1,02 persen pada $ 1,268.21 per ons. Sedangkan harga emas berjangka A.S. memperoleh $ 11,70 untuk menetap di $ 1,268.10 per ons.

Data pada hari Jumat menunjukkan produk domestik bruto A.S. meningkat pada tingkat tahunan 1,2 persen pada kuartal pertama, bukan laju 0,7 persen yang dilaporkan bulan lalu, mendukung dolar.

Kenaikan harga emas spot akhir pekan ini menahan tekanan harga emas pada minggu ini, sehingga harga emas tetap positif pada 0,5 persen. Pelemahan dollar AS dan notulen FOMC yang mengesankan kehati-hatian kenaikan suku bunga AS juga mendukung kenaikan harga emas minggu ini.

Di antara logam mulia lainnya, perak spot naik 1,11 persen pada $ 17,31 dan terus berlanjut
untuk mendapatkan 3,3 persen minggu ini, kenaikan mingguan terbesar sejak awal Januari.

Platinum naik 0,99 persen menjadi $ 955,75, setelah mencapai $ 961,24 sebelumnya, tertinggi dalam sebulan. Platinum naik 2,8 persen untuk minggu ini, kenaikan mingguan terbesar sejak awal Januari.

Palladium naik 2,53 persen pada $ 790,50 dan telah menguat 1,8 persen minggu ini, kenaikan mingguan pertama bulan ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas selanjutnya akan bergerak turun jika penguatan dollar AS berlanjut. Ketidakpastian politik juga akan dicermati, terkait kebijakan politik AS, juga berlenjutnya ketegangan di Semenanjung Korea. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 1,266 – $ 1,264, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,270 – $ 1,272. Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Vibiznews