PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Merosot Pasca Kemenangan Macron Pada Pilpres Perancis Putaran Pertama

Rifan Financindo

 

Rifan Financindo – Harga Emas turun merosot pada akhir perdagangan Selasa dinihari (25/04), menandai penurunan terbesar dalam lebih dari sebulan, setelah kandidat presiden Prancis yang disukai pasar memenangkan putaran pertama pemilihan negara tersebut, mengurangi kekhawatiran tentang potensi ketidakpastian politik.

Harga emas spot turun 0,68 persen menjadi $ 1,275.31 per ons, setelah jatuh ke level terendah dua minggu di $ 1,265.90 di awal sesi.

Harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Juni turun $ 11,60 untuk menetap di $ 1,277.50 per ons.

Kandidat sayap tengah, Emmanuel Macron mengambil langkah besar menuju kepresidenan Prancis pada hari Minggu dengan memenangkan putaran pertama pemungutan suara, dengan jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa dia adalah favorit yang kuat untuk mengalahkan kandidat sayap kanan Marine Le Pen di putaran final.

Berita tersebut merupakan kekalahan besar bagi kekuatan anti-Uni Eropa di kanan dan kiri politik Prancis, mengirim saham Eropa dan euro melambung tinggi dan memicu aksi jual di aset safe-haven.

Dolar pulih sedikit dari penurunan tajam semalam masih turun 1,3 persen terhadap euro dan sekitar 1 persen terhadap sekeranjang mata uang, membuat emas dengan harga dolar menjadi lebih murah bagi investor non-A.S.

Meningkatnya ketegangan geopolitik telah mendorong spekulan untuk meningkatkan posisi net buy, dan posisi bersih mereka di emas COMEX ke level tertinggi lima bulan dalam seminggu hingga 18 April, data resmi menunjukkan pada hari Jumat.

Perak spot turun 0,11 persen pada $ 17,86 per ons, setelah sebelumnya menyentuh level terendah satu bulan di $ 17,65.

Platinum turun 1,70 persen menjadi $ 954, sementara paladium naik 0,32 persen menjadi $ 794.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik jika pelemahan dollar AS berlanjut. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 1,277 – $ 1,279, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,273 – $ 1,271. Rifan Financindo.