PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Merosot Pasca The Fed AS Menaikkan Suku Bunga

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Harga Emas merosot pada akhir perdagangan Kamis dinihari (15/06) pasca keputusan Federal Reserve AS untuk menaikkan suku bunga untuk kedua kalinya tahun ini.

Harga emas spot LLG berakhir turun 0,36 persen pada $ 1,260.54 per ons.

Harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Agustus diperdagangkan sekitar 0,07 persen lebih rendah mendekati $ 1,268.60 per ons saat ketua Fed Janet Yellen berbicara, setelah sebelumnya diperdagangkan naik lebih dari 1 persen. Sebelumnya, harga emas berjangka mencapai level tertinggi di $ 1,284.60, tertinggi sejak Jumat.

Seperti yang diantisipasi pasar keuangan, pembuat kebijakan Federal Open Market Committee (FOMC), meningkatkan target benchmarknya seperempat poin. Rentang baru akan menjadi 1 persen menjadi 1,25 persen untuk tingkat yang saat ini 0,91 persen.
Bank sentral terakhir menaikkan suku bunga acuan pada bulan Maret.

Lihat : The Fed AS Naikkan Suku Bunga dan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi

Sebelumnya harga emas menguat menguat tiba-tiba, setelah laporan mengangkat kekhawatiran tentang keadaan ekonomi.

Data penjualan eceran dan indeks harga konsumen (IHK), sebuah metrik inflasi utama membukukan hasil lebih lemah dari perkiraan. Penjualan ritel turun 0,3 persen bulan lalu, menandai penurunan terbesar mereka dalam 16 bulan, sementara IHK turun 0,1 persen di bulan Mei.

Setelah laporan ekonomi mengecewakan, emas berjangka membalikkan kerugian perdagangan sekitar 1 persen lebih tinggi.

Penembakan di dekat ibukota negara yang melibatkan anggota Kongres juga menambah kekhawatiran, membuat investor mencari aset safe haven.

Sebelumnya pada hari itu, House Majority Whip Rep Steve Scalise, R-La, ditembak di Virginia; Dia dalam kondisi stabil. Dua perwira polisi Capitol A.S. juga ditembak, menurut NBC. Beberapa anggota kongres dan setidaknya dua senator hadir, Senator Rand Paul, R-Ky, mengatakan kepada MSNBC. Mereka berlatih untuk pertandingan bisbol amal bipartisan yang akan diadakan pada hari Kamis di Nationals Park.

Pada hari Rabu siang, platinum naik 2,05 persen pada $ 942,40 per ons.

Perak juga naik 1,47 persen menjadi $ 17,108 per ons setelah mencapai titik terendah dalam hampir satu bulan di hari sebelumnya di $ 16,68. Sementara itu, paladium turun mendekati 1,9 persen menjadi $ 866.40.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas selanjutnya berpotensi lemah terganjal kenaikan suku bunga AS. Namun jika ketidakpastian politik Inggris dan gangguan keamanan di AS mencuat, akan menguatkan harga emas. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 1,259 – $ 1,257, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,263 – $ 1,265. Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Vibiznews

Leave a Reply