PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Menguat Mendekati Penutupan Jumat

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Kenaikan pasar emas mendapatkan dorongan pada akhir perdagangan di awal Jumat sore, dan menyentuh ketinggian selama enam minggu. Yang penting untuk dicatat, harga emas pada hari Jumat minggu lalu ditutup dengan “bullish” secara tehnikal mingguan dan bulanan. Harga emas ini juga ditutup jauh diatas level psikologis penting $1,300.00. Pergerakan naik harga emas ini memiliki momentum yang menunjukkan akan ada lanjutan minat beli yang kuat pada minggu ini.

Dari sisi fundamental, permintaan “safe-haven” terlihat pada akhir dari minggu lalu yang disebabkan oleh karena faktor geopolitik yakni AS mengejutkan pasar dan mengancam untuk mengenakan tarif terhadap Mexico pada saat AS sudah dalam perang dagang utama dengan Cina.

Para trader berjangka juga memandang hari Jumat minggu lalu bukanlah waktu untuk berakhir minggu dan buru-buru pulang, jadi mereka melikuidasi sebagain posisi sebagai langkah “short covering”.

Emas berjangka bulan Agustus terakhir naik $16.60 per ons pada $1,309.20. Harga perak Comex bulanJuli terakhir naik $0.009 pada $14.495 per ons. Permintaan “safe-haven” berlangsung pada hari terakhir dari minggu dan bulan lalu, dengan goyahnya pasar saham dunia.

Pasar saham Eropa dan Asia mengalami aksi jual semalam dengan kecemasan para trader dan investor meningkat pada akhir minggu lalu. Indeks saham AS juga mengarah turun secara solid pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai dan menyentuh kerendahan tiga bulan semalam.

Hal yang menggoyahkan pasar lebih jauh adalah berita-berita ekonomi yang  buruk yang datang dari Cina pada hari Jumat minggu lalu dimana Purchasing Manager Index (PMI) manufaktur muncul pada 49.4 versus 50.1 pada bulan April dan yang diperkirakan sebesar 49.9. Sementara PMI jasa Cina pada bulan Mei adalah 54.3 sama dengan bulan April dan sesuai dengan ekspektasi pasar.

Perkembangan berita-berita diatas menggaris bawahi tema belakangan ini di pasar: bertambahnya keprihatinan mengenai pertumbuhan ekonomi global yang melambat.

Hal kunci diluar pasar emas adalah indeks dolar AS yang diperdagangkan turun sedikit. Sementara harga minyak mentah Nymex juga turun, menyentuh kerendahan selama 3.5 bulan semalam dan diperdagangkan disekitar $55.50 per barel.

Target kenaikan harga emas berikutnya dari pergerakan harga yang meyakinkan saat ini adalah resistan tehnikal yang solid pada $1,320.00 setelah melewati $1,310.00, sedangkan target penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,273.30 setelah melewati $1,292.50 dan kemudian $1,285.00. PT Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews