Harga Emas Menanjak Tinggi Karena Ancaman Perang AS-Eropa

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Harga emas naik lebih dari 1% hingga menyentuh level tertinggi satu minggu pada perdagangan sesi Asia hari Rabu (03/07), dibantu oleh posisi dolar AS yang lemah karena kekhawatiran baru terhadap perdagangan global mendorong permintaan safe-haven dan menurunkan imbal hasil obligasi AS.

Harga spot emas atau LLG naik 1,1% pada $1,433.50 per troy ounce  Harga sebelumnya menyentuh posisi $1.435,99, tertinggi sejak perdagangan tanggal 25 Juni. Demikian juga harga emas berjangka AS naik 2,1% pada posisi $1,437,7 per troy ounce.

Melihat pergerakan dolar yang menjadi pijakan harga emas, indeks dolar  yang mengukur dolar AS terhadap semua rival utamanya sedang bergerak  turun 0,1%. Kemudian imbal hasil obligasi AS sedang bergerak turun dibawah kisaran 2 persen.

Permintaan kuat terhadap aset safe haven setelah pemerintah AS  mengusulkan tarif baru pada lebih banyak barang Eropa sebagai bagian dari perselisihan yang sedang berlangsung mengenai subsidi pesawat. Uni Eropa mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka  terbuka untuk pembicaraan dengan Washington dalam perselisihan mengenai subsidi pesawat.

Selain itu Presiden bank sentral Eropa, Mark Carney mengatakan perang perdagangan global dan Brexit yang tidak ada kesepakatan meningkatkan risiko terhadap ekonomi Inggris yang mungkin membutuhkan lebih banyak bantuan untuk mengatasi penurunan. Ini mendorong investor untuk meningkatkan taruhan mereka pada penurunan suku bunga BoE.

Untuk perdagangan selanjutnya, analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas spot akan turun ke posisi  support 1391.79 – 1367.37. Namun jika bergerak sebaliknya akan  mendaki  ke posisi resisten 1429.30 – 1444.52. Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.