PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Melonjak, Permintaan Jelang Paskah Meningkat

Rifan Financindo

 

Rifan Financindo – Harga Emas masih kuat pada akhir perdagangan Kamis dinihari (13/04) setelah mencapai puncak lima bulan karena ketegangan politik meningkat, memperkuat minat investor di safe havens seperti logam mulia.

Menekan pandangan sebaliknya cerah untuk pertumbuhan global, ketegangan terus meningkat di Semenanjung Korea dan Timur Tengah, sementara kekhawatiran atas pemilihan presiden Perancis mendatang terus terjadii.

Harga emas spot LLG naik 0,93 persen menjadi $ 1,282.85 per ons setelah mencapai terkuat sejak 10 November di awal sesi.

Harga emas berjangka AS untuk pengiriman Juni naik $ 3,90 untuk menetap di $ 1,278.31 setelah mencapai $ 1,281.80 pada awal sesi, level tertinggi sejak 10 November.

Emas cenderung untuk menguat ketika ekspektasi kenaikan suku bunga surut karena tingkat yang lebih rendah mengurangi biaya kesempatan memegang emas.

Dolar AS datar versus sekeranjang mata uang setelah jatuh pada hari Selasa, meskipun suasana secara umum telah mendorong investor untuk menjual greenback. Presiden Tiongkok Xi Jinping, Rabu menekankan perlunya solusi damai untuk semenanjung Korea pada pertemuan dengan Presiden di luar AS Donald Trump.

Pada hari Selasa Korea Utara memperingatkan serangan nuklir di Amerika Serikat pada tanda-tanda agresi Amerika, sebagai kelompok pasukan AS Navy bergerak menuju Pasifik Barat.

Di tempat lain, Vladimir Putin, pada Rabu menyatakan kepercayaan telah terkikis antara Amerika Serikat dan Rusia, sebagai Moskow menyampaikan penerimaan yang tidak biasa terhadap Menteri Luar Negeri Rex Tillerson terkait masalah Suriah.

Dalam pemilihan presiden Prancis, kubu sentris Emmanuel Macron dan pemimpin sayap kanan Marine Le Pen bersaing sebagai kandidat, tetapi seorang veteran sayap-kiri telah melonjak masuk ke empat besar, mendorong beberapa lembaga survei untuk menghitung skenario yang paling ekstrim.

Analis mengatakan emas bisa melanjutkan kebangkitannya menjelang Paskah panjang akhir pekan.

Kepemilikan SPDR Gold Trust, emas terbesar di dunia didukung exchange-traded fund (ETF), naik 0,50 persen menjadi 842,41 ton pada hari Selasa. ETF telah melihat sekitar enam ton arus masuk minggu ini.

Di antara logam mulia lainnya, perak spot dicelupkan 0,22 pada $ 18,26 per ons.

Platinum turun 0,48 persen menjadi $ 962,40 per ons setelah naik lebih dari 3 persen pada sesi sebelumnya, sementara paladium turun 0,69 persen menjadi $ 796,50.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas berpotensi naik dengan pelemahan dollar AS yang terjadi dan peningkatan permintaan menjelang paskah. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,288 – $ 1,293, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support 1,281 – $ 1,279. Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews