PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Melemah Imbas Data Ekonomi AS Positif

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Harga emas melemah seiring data manufaktur Amerika Serikat (AS) membantu mengangkat dolar AS. Selain itu, investor mempertimbangkan kekhawatiran atas nasib negosiasi nuklir dengan Korea Utara.

Harga emas untuk pengiriman Juni turun USD 2,4 atau 0,2 persen ke posisi USD 1.289,60 per barel. Harga emas tersebut berada di atas posisi terendah sepanjang 2018 di kisaran USD 1.289,40. Sebelumnya secara intraday harga emas sempat sentuh level terendah USD 1.281,20 pada awal pekan ini.

Dalam perdagangan elektronik, harga emas berjangka diperdagangkan lebih tinggi harganya. Harga emas ditransaksikan di posisi USD 1.292,40. Kenaikan harga emas itu usai rilis hasil rapat bank sentral AS atau the Federal Reserve seperti yang diharapkan. Hasil rapat itu menunjukkan kemungkinan suku bunga naik pada Juni. Harapan pelaku pasar mencapai 90 persen untuk bank sentral AS akan menaikkan suku bunga.

Data ekonomi AS yang dirilis juga positif. Ini ditunjukkan dari aktivitas manufaktur AS yang naik pada Mei. Layanan IMI market flash naik menjadi 55,7 pada Mei dari posisi April di kisaran 54,6. Sementara itu, IHSG markit flash manufacturing PMI naik hingga 56,6 pada Mei.

Penjualan rumah baru di AS pada April mencapai 662 ribu. Penjualan rumah itu turun 1,5 persen pada Maret meski 11,6 persen lebih tinggi dari tahun lalu.

Dengan kondisi itu, indeks dolar AS pun menguat 0,6 persen. Penguatan dolar AS mempengaruhi harga emas. Imbal hasil obligasi bertenor 10 tahun turun 5,1 basis poin menjadi 3,012 persen.

“Untuk harga emas kembali ke posisi di atas USD 1.300 itu membutuhkan kenaikan dolar AS untuk berhenti. Idealnya pasar saham juga. Saya tidak yakin apakah harga emas mencapai level terendah pada 2018. Akan tetapi, saya belum tahu pasti indikasi secara teknikal,” ujar Analis Forex.com, Fawad Razaqzada, seperti dikutip dari laman Marketwatch, Kamis (24/5/2018). PT Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Liputan 6