PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Masih Menguat, Obama Pertimbangkan Serangan Udara ke Irak

Jum’at, 8 Agustus 2014

Harga emas di Bursa Comex pada perdagangan Kamis 7 Agustus 2014 terpantau ditutup menguat dini hari tadi. Penguatan harga emas di Bursa Comex dipicu oleh faktor geopolitik global yang masih belum stabil.

Faktor geopolitik kembali menjadi dorongan kuat terhadap penguatan harga emas di Comex pada perdagangan Kamis lalu. Setelah pada Rabu lalu harga emas melejit akibat kondisi Ukraina-Rusia, kini wacana Obama terkait konflik Irak kembali mendorong penguatan harga emas.

Kondisi masih belum stabil pada keamanan Irak, terpantau membuat Obama untuk meluncurkan wacana akan memberikan bantuan armada udara ke negara tersebut. Hal tersebut dilakukan Obama dengan alasan ingin memberikan bantuan terhadap sekumpulan warga Irak yang hingga saat ini dalam posisi terjebak akibat serangan Isis.

Sebelumnya, eskalasi konflik Rusia dan Ukraina sempat melambungkan harga emas secara signifikan pada Rabu lalu. Hal tersebut dipicu oleh peningkatan jumlah pasukan Rusia di perbatasan wilayah Ukraina-Rusia yang memberi kekhawatiran kuat akan potensi perang antar kedua negara tersebut.

Sementara terkait sentimen dari perekonomian global, rilis hasil pertemuan BoE dan ECB pada Kamis lalu terpantau tidak terlalu memberikan dampak berarti pada pergerakan harga emas. Hal tersebut disebabkan oleh tidak adanya perubahan kebijakan dari kedua bank sentral tersebut.

Namun, terkait sentimen dari perekonomian Amerika Serikat, harga emas cukup mendapat tekanan pada perdagangan Kamis lalu. Data klaim pengangguran awal yang membaik dengan mengalami penurunan ke level 289.000 dari 303.000 mengindikasikan perbaikan sektor pekerja AS yang turut berdampak pada potensi pelemahan demand safe haven.

Pada perdagangan Kamis 7 Agustus 2014 di Bursa Comex harga emas spot dan berjangka Comex terpantau ditutup menguat. Harga emas spot Comex naik 0,51% ke tingkat harga $1.312,2/t oz atau menguat $6,6/t oz. Sementara emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 naik 0,41% ke tingkat harga $1.312,5/t oz atau menguat $5,3/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas masih akan cenderung bergerak menguat pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh masih kuatnya sentimen positif dari faktor belum stabilnya kondisi geopolitik global. Terkait pergerakan harga emas, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.297-$1.322 pada emas spot Comex dan $1.297-$1.324 pada emas berjangka Comex kontrak Desember 2014.

 

Sumber : Vibiznews

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Wikimedia