PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas LLG Tertinggi 6 Tahun, Emas Antam Semakin Mahal

Rifanfinancindo

Rifanfinancindo – Harga emas terus naik hingga perdagangan sesi Asia hari Selasa (06/08) karena perang dagang yang berkepanjangan antara Amerika Serikat dan China semakin meningkat setelah Washington menunjuk Beijing sebagai manipulator mata uang, yang mendorong pemburuan aset safe-haven. Sentimen diatas melemahkan posisi dolar AS dan menguntungkan harga emas.

Harga emas spot atau LLG naik 0,2% dari perdagangan sebelumnya menjadi $1,465.90 per troy ounce  setelah  perdagangan sebelumnya harga emas melonjak 2 persen ke level tertinggi 6 tahun.  Demikian  untuk posisi harga emas berjangka AS naik  0,3% menjadi $1,480,90 per troy ounce.

Demikian juga untuk harga emas batangan yang diproduksi dan diperdagangkan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alami kenaikan signifikan sebesar 2,22 persen ke posisi Rp 690.000 per gram, yang merupakan rekor harga tertinggi.

Departemen Keuangan AS mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah menentukan untuk pertama kalinya sejak 1994 bahwa China memanipulasi mata uangnya, dan bahwa Washington akan melibatkan IMF untuk menghilangkan persaingan tidak adil dari Beijing tersebut.

Tindakan AS itu terjadi setelah China membiarkan yuan melemah melewati level kunci 7 per dolar pada Senin untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade, menyusul keputusan Trump untuk mengenakan tarif 10% pada $ 300 miliar impor Cina yang mengakhiri sebulan gencatan senjata.

Langkah ini juga mendorong dolar turun terhadap yen dan euro, sementara bursa saham berjangka AS jatuh di tengah kekhawatiran konflik perdagangan dengan China akan merusak pertumbuhan ekonomi AS dan keuntungan perusahaan.

Indeks MSCI All Country World, yang melacak pergerakan saham di 47 negara, memperpanjang penurunan pekan lalu dan telah merosot 2,5% ke level terendah dua bulan pada hari Senin.

Untuk perdagangan selanjutnya secara teknikal menurut analyst Vibiz Research Center,   harga emas LLG akan semakin kuat menuju posisi resisten 1475.96 – 1480.18. Namun jika bergerak lemah  akan meluncur ke posisi support 1440.30 – 1435.24. Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Vibiznews