PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas LLG Terjun Tertekan Data Perekonomian AS

Jum’at, 25 Juli 2014

Harga emas LLG pada perdagangan Kamis 24 Juli 2014 terpantau ditutup melemah signifikan dini hari tadi. Pelemahan harga emas LLG dipicu oleh penguatan nilai dollar AS yang turut disupport oleh rilis data perekonomian AS pada Kamis lalu.

Penguatan nilai Dollar AS pada Kamis lalu yang kembali menguat sebesar 0,1% terhadap major currency terpantau masih menjadi momok pada pergerakan harga emas. Posisi harga emas yang secara tidak langsung menjadi lebih mahal akibat nilai kurs tersebut, memicu lesunya daya beli khususnya bagi para investor asing yang memegang uang selain Dollar AS di bursa.

Selain faktor kembali menguatnya nilai USD, harga emas juga tergerus oleh rilis data AS yang semakin membuat investor khawatir akan potensi pemercepatan peningkatan suku bunga AS. Berdasarkan data yang rilis Kamis kemarin, dugaan awal klaim pengangguran AS dinyatakan berada di level 284.000 atau turun signifikan dari level sebelumnya di 303.000 bahkan jauh lebih baik dari ekspektasi di 308.000. imbas dari hal tersebut, investor semakin khawatir akan potensi kelanjutan kebijakan The Fed pasca membaiknya data pekerja AS yang akan menurunkan minat terhadap aset safe haven.

Sebelumnya, harga emas sedang berada dalam dorongan fundamental kuat akibat faktor geopolitik global yang terus menyita perhatian investor meskipun pergerakan emas telah lesu. Masih terus berlangsungnya konflik di beberapa wilayah seperti Gaza, Libia, Ukraina-Rusia, dan Irak menjadi hal yang memicu harga emas mendapatkan fondasi kuat untuk terus berada di atas level $1300/t oz.

Pada perdagangan Kamis 24 Juli 2014 yang ditutup dini hari tadi, harga emas LLG ditutup melemah signifikan. Harga emas LLG turun hingga 0,85% ke tingkat harga $1.293,65/t oz atau melemah $11,1/t oz.

Sementara pada perdagangan emas berjangka di Bursa Comex, harga emas berjangka juga ditutup melemah signifikan dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus 2014 turun hingga 1,07% ke tingkat harga $1.290,8/t oz atau melemah $13,9/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas akan cenderung bergerak melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh sentimen negatif kuat dari data klaim awal pengangguran AS. Namun, beberapa rilis data seperti GDP awal Inggris dan durable goods order AS perlu menjadi perhatian pada perdagangan emas untuk hari ini. Terkait pergerakan harga emas, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.278-$1.313 pada emas LLG dan $1.276-$1.313 pada emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus 2014.

Sumber : Vibiznews