PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas LLG Merosot Tajam, Data Pekerja Kuatkan Sentimen The Fed

Jum’at, 22 Agustus 2014

Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Kamis 22 Agustus 2014 terpantau ditutup melemah signifikan hingga level terendah sejak Agustus 2014. Pelemahan harga emas LLG dipicu oleh sentimen negatif dari ekspektasi keputusan The Fed terkait pemercepatan peningkatan suku bunga yang menguat akibat data pekerja AS yang membaik signifikan.

Aksi tunggu terhadap data initial jobless claims AS yang akhirnya rilis pada Kamis waktu Amerika Serikat lalu akhirnya berdampak pada merosotnya harga emas LLG. Data initial jobless claims AS yang membaik signifikan dan melebihi ekspektasi, semakin menguatkan potensi The Fed untuk mempercepat peningkatan suku bunga di Amerika Serikat.

Berdasarkan laporan yang rilis Kamis lalu, data intial jobless claims Amerika Serikat dilaporkan turun ke level 298.000 atau membaik hingga 14.000 dibandingkan data sebelumnya dan melampaui ekspektasi di 300.000. Dampak dari data tersebut, selain ekspektasi akan pemercepatan peningkatan suku bunga oleh The Fed, harga emas pun terdorong melemah akibat potensi lemahnya demand safe haven akibat kondisi perekonomian AS yang cenderung baik.

Pada penutupan perdagangan Kamis 22 Agustus 2014, harga emas LLG terpantau ditutup melemah signifikan. Harga emas LLG ditutup melemah hingga 1,17% ke tingkat harga $1.276,75/t oz atau anjlok $15,15/t oz.

Sementara pada perdagangan emas berjangka di Bursa Comex, harga emas juga terpantau ditutup anjlok dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup melemah 1,53% ke tingkat harga $1.275,4/t oz atau turun $19,8/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas akan cenderung masih melemah pada perdagangan hari ini untuk menunggu pembicaraan Janet Yellen di Jackson Hole. Hal tersebut dilandasi oleh posisi tekanan sentimen negatif yang masih kuat akibat prospek perekonomian AS. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.259,5-$1.298,5 pada emas LLG dan $1.261-$1.300 pada emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014.

 

Sumber : Vibiznews

 

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Wikimedia