PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas LLG Menguat, Dollar AS Dukung Aksi Beli Teknikal

Selasa, 27 Agustus 2014

Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Selasa 26 Agustus 2014, terpantau ditutup menguat. Penguatan harga emas LLG dipicu oleh aksi beli teknikal pasca pergerakan nilai Dollar AS sempat memberikan kelonggaran penetrasi terhadap emas.

Tekanan dari pergerakan nilai Dollar AS yang cenderung terus menguat, terpantau justru menjadi determinan yang membuat emas dapat ditutup menguat pada perdagangan Selasa lalu. Rally Dollar AS yang sempat tertahan di awal hingga pertengahan perdagangan, memicu aksi beli oleh para investor untuk memanfaatkan nilai emas yang relatif telah cukup rendah dan bertambah murah seiring pergerakan nilai Dollar AS.

Selain faktor dorongan beli sebagai dampak pergerakan nilai Dollar AS, penguatan harga emas juga didorong oleh tertembusnya resistance di kisaran $1.980/ t oz. dengan tertembusnya tingkt resistance tersebut, aksi beli pun semakin menguat terhadap emas.

Namun, pergerakan emas pada akhir perdagangan kembali lesu seiring kembali cenderung menguatnya nilai Dollar Amerika Serikat. Walaupun demikian, pelemahan pada akhir perdagangan masih lebih kecil dibandingkan pergerakan menguat harga emas di awal perdagangan sehingga harga emas masih dapat ditutup menguat.

Selain faktor kecenderung penguatan nilai Dollar AS di akhir sesi perdagangan, pergerakan harga emas juga cukup tertekan oleh data Consumer Confidence Amerika Serikat. Berdasarkan laporan Selasa lalu, consumer confidence AS dilaporkan naik dari 90,3 ke 92,4 dan membalikan ekspektasi penurunan di level 89.

Pada penutupan perdagangan Selasa 26 Agustus 2014, harga emas LLG terpantau ditutup menguat. Harga emas LLG pada dini hari tadi ditutup menguat 0,33% ke tingkat harga $1.281,10/t oz atau naik $4,25/t oz.

Sementara pada perdagangan emas berjangka di Bursa Comex, harga emas berjangka juga terpantau ditutup menguat. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup naik 0,49% ke tingkat harga $1.285,2/t oz atau menguat $6,3/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas akan cenderung bergerak melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh masih adanya potensi penguatan nilai Dollar AS dan bursa saham global yang dapat melemahkan minat beli terhadap emas. Selain itu, masih belum adanya data-data perekonomian global yang akan cukup signifikan mempengaruhi harga emas juga akan turut memperkuat pengaruh dari nilai Dollar AS dan bursa saham global tersebut. Sementara terkait pergerakan harga emas, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.263-$1.298,5 pada emas LLG dan $1.268-$1.301 pada emas berjangka Comex kontrak Desember 2014.

 

Sumber : Vibiznews?

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Wikimedia