PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas LLG Masih Menguat, Sentimen Perekonomian Global Kalahkan Efek Putin

Jum’at, 15 Agustus

Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Kamis 14 Agustus 2014 terpantau ditutup menguat tipis dini hari tadi. Penguatan harga emas LLG dipicu oleh data perekonomian global yang cenderung berada dalam kondisi negatif meskipun tensi geopolitik global jauh mereda akibat pernyataan putin.

Sentimen data-data perekonomian global yang berada dalam kondisi cenderung negatif, terpantau memberikan pengaruh yang lebih kuat pada pergerakan harga emas di perdagangan Kamis lalu. Data estimasi sementara GDP Jerman dan Uni Eropa yang merosot tajam serta data pekerja AS yang memburuk, membuat demand terhadap safe haven terangkat meski pergerakan tertahan pernyataan Putin.

Berdasarkan rentetan data perekonomian global pada Kamis lalu, kondisi global cenderung berada dalam kondisi negatif. Data GDP Jerman YoY yang anjlok dari 2,5% ke 0,8% dan GDP Uni Eropa yang turun dari 0,2% ke 0% memberikan sentimen positif pada pergerakan harga emas di Eropa meskipun inflasi Uni Eropa membaik dari 0,5% ke 0.4%.

Selain dorongan dari data Eropa, rilis data pekerja AS yang juga berada dalam kondisi negatif juga turut menjadi determinan yang cenderung menguatkan harga emas. Data initial jobless claims AS yang kembali berada di posisi negatif kuat dengan lonjakan dari level 290.000 ke level 311.000 berdampak pada ketidakyakinan investor terhadap perekonomian AS. Imbas dari hal tersebut harga emas pun terangkat akibat faktor safe haven.

Walaupun sentimen-sentimen dari perekonomian global cenderung positif, pergerakan harga emas terbatasi oleh pengaruh pernyataan Vladimir Putin pada Kamis lalu. Pada Kamis lalu, Putin menegaskan akan berupaya untuk mengatasi konflik antara Rusia dan Ukraina . dampak dari pernyataan tersebut sentimen positif kuat dari konflik Ukraina-Rusia pun mereda hingga harga emas terpicu untuk melemah.

Pada penutupan perdagangan Kamis 14 Agustus 2014, harga emas LLG terpantau ditutup menguat tipis. Harga emas LLG pada dini hari tadi ditutup naik 0,05% ke tingkat harga $1.313,45/toz atau menguat $0,60/t oz.

Sementara pada perdagangan emas berjangka di Bursa Comex, harga emas terpantau juga ditutup menguat tipis. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 naik 0,09% ke tingkat harga $1.315,7/t oz atau menguat $1,2/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas akan cenderung bergerak melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh cukup runtuhnya fondasi dasar penguatan harga emas dari sentimen konflik Rusia-Ukraina dan estimasi peningkatan GDP Inggris? dari 3,0% ke 3,1%. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.300-$1.324,60 pada emas LLG dan $1.304-$1.328 pada emas berjangka Comex Kontrak Desember 2014.

 

Sumber : Vibiznews

?

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Wikimedia