PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas LLG Kembali Turun, Dollar AS Semakin Melejit

Kamis, 11 September 2014

Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Rabu 11 September 2014 terpantau ditutup melemah dini hari tadi. Pelemahan harga emas LLG kembali dipicu oleh rally Dollar AS yang turut disupport oleh ekspektasi kebijakan The Fed.

Trend rally pada Dollar Amerika Serikat yang terus berlangsung di pasar valuta asing, kembali membuat pergerakan harga emas untuk lesu di pasar komoditas. Pelemahan daya beli investor seiring penguatan nilai Dollar AS juga turut tersupport oleh peralihan pola investasi ke valuta asing dengan melikuidasi investasi. Dampak dari hal tersebut, pergerakan emas pun masih lesu hingga perdagangan Rabu lalu.

Selain faktor dorongan penguatan nilai Dollar Amerika Serikat, pergerakan melemah harga emas pada perdagangan Rabu lalu juga disebabkan oleh sentimen dari kebijakan The Fed. Kekhawatiran para investor terhadap potensi peningkatan suku bunga yang dipercepat kembali masih menjadi fondasi kokoh pelemahan pada harga emas.

Pada penutupan perdagangan Rabu lalu, harga emas LLG terpantau ditutup melemah dini hari tadi. Harga emas LLG pada dini hari tadi ditutup turun 0,45% ke tingkat harga $1.249,75/t oz atau melemah $5,60/t oz.

Sementara pada perdagangan emas berjangka di bursa Comex, harga emas juga ditutup melemah dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup turun 0,26% ke tingkat harga $1.245,3/t oz atau melemah $3,2/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas akan cenderung bergerak kembali melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh ekspketasi akan membaiknya data initial jobless claims Amerika Serikat dari level 302.000 ke 300.000. Terkait pergerakan harga emas pada hari ini, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.234-$1.264,5 pada emas LLG dan $1.235-$1.265 pada emas berjangka Comex kontrak Desember 2014.

 

Sumber : Vibiznews

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Wikimedia