PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas LLG Kembali Melemah, Dollar AS Masih Menjadi Momok

Selasa, 26 Agustus 2014

Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Senin 25 Agustus 2014 terpantau ditutup melemah tipis. Pelemahan harga emas LLG dipicu oleh tekanan dari penguatan bursa saham global dan pergerakan nilai Dollae AS di pasar Valas.

Posisi emas selaku safe haven, kembali membuat pergerakan harga emas harus melemah pada perdagangan Senin lalu. Kondisi global yang relatif membaik khususnya perekonomian Amerika Serikat, terus menggerus harga emas pasca dorongan geopolitik global mulai pudar.

Pergerakan nilai Dollar Amerika Serikat yang terus bergerak menguat, kembali menjadi kendala pada pergerakan harga emas. Penguatan pun, cenderung kembali terdorong akibat indikasi akan dipercepatnya peningkatan suku bunga AS dari pernyataan Janet Yellen di Jackson Hole meskipun waktu peningkatan masih merupakan tanda tanya. Dampak dari potensi peningkatan suku bunga tersebut, nilai Dollar AS pun menguat sehingga melemahkan daya beli investor asing untuk melakukan pembelian emas.

Selain faktor tekanan nilai Dollar AS yang membuat harga emas menjadi relatif lebih mahal, pergerakan emas juga tertekan oleh penguatan bursa saham global. Penguatan bursa saham global yang dilandasi oleh adanya rencana kelanjutan stimulus oleh ECB dari pernyataan Mario Draghi membuat minat terhadap safe haven terdorong melemah. Selain itu, pernyataan Draghi juga menutup data pendorong penguatan emas dari melemahnya keyakinan bisnis Jerman dari 108 ke 106,3 dan di bawah ekspektasi di 106,8.

Pada penutupan perdagangan Senin 25 Agustus 2014, harga emas LLG terpantau ditutup melemah dini hari tadi. Harga emas LLG ditutup melemah 0,30% ke tingkat harga $1.276,85/t oz atau melemah $3,85/t oz.

Sementara pada perdagangan emas berjangka di Bursa Comex, harga emas berjangka juga terpantau ditutup melemah tipis dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup turun 0,10% ke tingkat harga $1.278,9/t oz atau melemah $1,3/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas masih akan cenderung mengalami tekanan kuat dari potensi penguatan bursa saham global dan nilai Dollar pada perdagangan hari ini. Dampak dari hal tersebut, diperkirakan emas masih akan cenderung bergerak melemah. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.266-$1.285 pada emas LLG dan $1.271-$1.286 pada emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014.

 

 

Sunber : Vibiznews

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Wikimedia