PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas LLG Dapat Dorongan Geopolitik, Pergerakan Terbatasi Data Amerika Serikat

Jum’at, 29 Agustus 2014

Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Kamis 28 Agustus 2014 dini hari tadi terpantau ditutup menguat. Penguatan harga emas LLG dipicu oleh adanya dorongan sentimen positif dari kembali meningkatnya tensi konflik antara Rusia-Ukraina yang dapat menutup tekanan data perekonomian AS yang positif.

Laporan NATO terkait adanya 1000 pasuka Rusia di wilayah Ukraina, memicu harga emas untuk menguat pada perdagangan Kamis lalu. Setelah hampir 2 pekan pergerakan emas telah kehilangan dorongan geopolitik, dampak dari laporan NATO tersebut emas mulai kembali dapat merangkak menguat mendekati $1300/t oz akibat potensi peningkatan tensi konflik.

Namun, doronga penguatan dari laporan NATO tersebut, masih terbatasi oleh data perekonomian Amerika Serikat yang berada dalam kondisi positif dan cukup jauh lebih baik dari ekspektasi. Hal tersebut dilandasi oleh data pekerja AS yang membaik serta GDP kuartal 2 Amerika Serikat yang naik melebihi ekspektasi.

Berdasarkan laporan Kamis lalu, estimasi GDP kuartal 2 AS dilaporkan naik dari -2,1% ke 4,2%. Pencapaian tersebut cukup jauh melampaui ekspektasi di level pertumbuhan 3,9%. Sedangkan dari data klaim awal pengangguran Amerika Serikat, data yang sebelumnya diprediksi memburuk dari 299.000 ke 300.000 justru membaik ke level 298.000. Walaupun demikian, data AS belum dapat menutup dorongan kuat dari sentimen geopolitik pada perdagangan Kamis lalu.

Pada penutupan perdagangan Kamis 28 Agustus 2014 dini hari tadi, harga emas LLG terpantau ditutup menguat. Harga emas LLG ditutup menguat 0,52% ke tingkat harga $1.289,35/t oz atau naik $6,60/t oz.

Sementara dari perdagangan emas berjangka di Bursa Comex, harga emas berjangka juga terpantau ditutup menguat dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup naik 0,55% ke tingkat harga $1.290,4/t oz atau menguat $7/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas akan cukup terpengaruh oleh rilis data ekonomi makro kawasan Uni Eropa dan personal income AS yang akan dipublikasikan hari ini. Namun, dorongan fundamental dari geopolitik global maish berpotensi mengangkat harga emas yang sebelumnya sedang lesu pasca pudarnya sentimen tersebut sejak 2 pekan lalu. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.270-$1.303,5 pada emas LLG dan $1.275-$1.306 pada emas berjangka Comex.

 

Sumber : Vibiznews

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Wikimedia