PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Lanjutkan Kenaikan Dalam Perdagangan Elektronik, Kuatnya Ekonomi AS dan Kenaikan Suku Bunga AS Menekan

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Harga Emas berjangka AS sedikit lebih tinggi pada perdagangan Senin (26/12), melanjutkan kenaikan dari sesi singkat Jumat, tetapi logam kuning tetap di bawah tekanan dari dolar AS yang lebih tinggi dan ekspektasi bahwa Fed akan lebih agresif menaikkan suku bunga pada tahun 2017.

Sementara harga emas naik lebih tinggi Jumat lalu, logam masih membukukan tujuh penurunan mingguan berturut-turut. Penutupan Jumat lebih tinggi dipicu oleh mundurnya dalam dolar AS. Logam mengalami tekanan ke bawah pada kenyataan bahwa Fed meperbaharui proyeksi yang menunjukkan ke arah tiga kenaikan suku bunga bukan dua pada 2017.

Harga emas berjangka AS berakhir naik 0,4% pada $ 1,135.20 dalam perdagangan elektronik. Perdagangan sesi reguler ditutup dalam liburan Natal. Manajer hedge fund dan keuangan memotong posisi net long mereka di emas selama seminggu keenam dalam seminggu hingga 20 Desember menurut Commodities Futures Trading Commission’s latest Commitment of Traders Report. Dalam seminggu, manajer uang mengurangi posisi net long mereka dengan 14.994 kontrak, membawa mereka ke 53.911 kontrak.

Emas telah diperdagangkan dalam kisaran ketat selama beberapa minggu terakhir sebagai perdagangan telah tertekan bawah menjelang liburan. Emas diperkirakan akan bergerak di kisaran ketat ini sampai Fed memberikan petunjuk lebih dalam ketika kenaikan suku bunga berikutnya bisa terjadi. Sementara perdagangan telah tenang, investor telah mengangkat bahu dari beberapa perkembangan geopolitik dan ekonomi yang sebelumnya akan mendorong logam yang lebih tinggi.

Emas berjangka mungkin berada di bawah tekanan, tapi keuntungan agresif pada awal tahun yang dimiliki maka logam mulia siap untuk menyelesaikan 2016 naik 6%, kenaikan tahunan terbesar logam mulia sejak 2012.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas untuk perdagangan selanjutnya berpotensi lemah dengan mantapnya data ekonomi AS dan peningkatan kecepatan kenaikan suku bunga AS tahun depan. Harga emas diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,133-$ 1,131, namun jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,137-$ 1,139. Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Vibiznews