PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Lanjut Trend Bullish, Retail Sales Amerika Serikat Jatuh

Kamis, 16 Oktober 2014

 

Harga emas spot dan berjangka di bursa Comex pada penutupan perdagangan Rabu 15 Oktober 2014 terpantau ditutup menguat cukup signifikan dini hari tadi. Penguatan harga emas di bursa Comex dipicu oleh sentimen positif kuat dari rilis data Retail Sales Amerika Serikat.

Rilis data sektor retail Amerika Serikat yang mengalami penurunan terpantau memicu harga emas untuk semakin melejit di Comex. Laporan data yang menyatakan sektor retail Amerika Serikat pada bulan September melemah dari 5,0% di tahun 2013 ke 4,3% di tahun 2014, memicu aksi beli terhadap emas menguat seiring indikasi buruk pada perekonomian Amerika Serikat. Bahkan meskipun data tersebut berada di atas ekspektasi di 3,91%, aksi beli terhadap emas tetap kuat pasca rilis data.

Sebelumnya, pada awal perdagangan harga emas sempat terdorong untuk tergerak melemah pasca trend bullish sejak pekan lalu. Pelemahan tersebut didasari oleh cenderung melemahnya dorongan fundamental kuat sejak pekan lalu pasca rilis data IMF yang menurunkan proyeksi pertumbuhan global serta pernyataan hasil rapat FOMC yang cenderung memberi indikasi peningkatan suku bunga Amerika Serikat belum akan dilakukan dalam waktu dekat. Selain itu, pergeraka harga emas juga tertekan oleh nilai Dollar Amerika Serikat yang mengalami penguatan.

Pada penutupan perdagangan emas spot Rabu 15 Oktober 2014 di Comex, harga emas spot terpantau ditutup menguat dini hari tadi. Harga emas spot Comex ditutup naik 0,77% di tingkat harga $1.241,8/t oz atau menguat $9,5/t oz.

Sementara pada penutupan perdagangan emas berjangka di bursa Comex, harga emas berjangka juga ditutup menguat cukup signifikan dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup naik 0,85% ke tingkat harga $1.244,8/t oz atau menguat $10,51/t oz.

Analyst Vibiz Research Center memprediksi harga emas masih berpotensi untuk melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini di Comex. Hal tersebut dilandasi oleh ekspektasi memburuknya data initial jobless claims Amerika Serikat pada rilis data hari ini. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.210-$1.264,5 pada emas spot dan $1.210-$1.267,5 pada emas berjangka Comex kontrak Desember 2014.

Sumber : Vibiznews

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Wikimedia