PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Jatuh Terendah 6 Minggu, Ekspektasi Kenaikan Suku Bunga AS Juni Meningkat

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Harga emas jatuh ke posisi terendah enam minggu pada akhir perdagangan Jumat dinihari (05/05), tertekan ekspektasi kenaikan suku bunga A.S. bulan Juni dan surutnya ketidakpastian politik di Eropa.

Harga emas spot LLG turun 0,76 persen menjadi $ 1,228.55. Harga emas berjangka A.S. untuk pengiriman Juni turun $ 19,90 untuk menetap di $ 1,228.60 per ons.

Dolar AS menguat setelah Federal Reserve A.S mengecilkan ancaman terhadap kenaikan suku bunga tahun ini yang direncanakan, yang mendukung perkiraan pergerakan lainnya di bulan Juni.

Mata uang A.S. yang meningkat membuat komoditas berdenominasi dolar lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya, yang berpotensi menundukkan permintaan emas.

Harapan bahwa kandidat sentris Emmanuel Macron akan memenangkan pemilihan presiden Prancis pada hari Minggu diperkuat setelah debat TV dengan Marine Le-Pen.

Investor menarik napas lega setelah Macron memenangkan putaran pertama pemilihan pada 23 April, melihat kemenangannya sebagai yang terbaik dari semua kemungkinan.

Emas turun 1,5 persen pada hari Rabu – penurunan satu hari terburuk sejak 23 November – menembus rata-rata pergerakan 50 hari dan 200 hari. Dukungan berikutnya datang sekitar $ 1,221, moving average 100 hari.

Goldman Sachs menyatakan dalam waktu dekat berharap emas akan diperdagangkan moderat lebih rendah dengan target 3 bulan adalah $ 1.200 per ons, karena sejumlah katalis bearish belum sepenuhnya berjalan.

Goldman mengatakan bahwa risiko penurunan jangka pendek untuk emas termasuk suku bunga A.S. yang lebih tinggi naik daripada yang diperkirakan pasar dan the Fed mulai mengecilkan neraca di belakang pemotongan pajak A.S. yang mungkin dan pertumbuhan ekonomi AS dan global yang solid.

Suku bunga A.S. yang lebih tinggi adalah negatif untuk emas, yang tidak menghasilkan apa-apa dan memerlukan biaya untuk mengasuransikan dan menyimpannya. Fokusnya sekarang beralih ke laporan non farm payroll A.S. untuk bulan April, yang dapat memperkuat persepsi suku bunga A.S. yang lebih tinggi di bulan Juni.

Harga perak spot turun 0,55 persen menjadi $ 16,30. Ini telah jatuh lebih dari 10 persen sejak menyentuh level tertinggi 5 bulan di $ 18,65 pada pertengahan April.

Harga Platinum naik 1,06 persen pada $ 902 dari sebelumnya $ 890,50, terendah sejak Desember.

Harga Palladium naik 0,08 persen menjadi $ 799,95. Ini menyentuh $ 831.50 pada hari Rabu, tertinggi sejak Maret 2015 atas ekspektasi permintaan kuat dari pembuat mobil.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas selanjutnya berpotensi naik jika pelemahan dollar AS berlanjut. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 1,231 – $ 1,233, dan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,227 – $ 1,225. Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Vibiznews