PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Jatuh Menjelang Pidato Trump; Bulan Februari Melonjak 2,7 Persen

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Harga emas jatuh pada akhir perdagangan Rabu dinihari (01/03) dengan kehati-hatian investor menjelang pidato kunci Presiden AS Donald Trump yang diharapkan menyampaikan kebijakan reformasi pajak dan pengeluaran pemerintah di hadapan Kongres AS.

Harga emas spot turun 0,23 persen pada $ 1,249.76 per ons. Logam mulia ini mencapai tertinggi sejak 11 November di $ 1,263.80 pada hari Senin.

Harga emas berjangka AS jatuh $ 4,90 untuk berakhir di $ 1,253.90.

Untuk bulan Februari, harga emas melonjak 2,75 persen. Kenaikan harga emas terdukung ketidakpastian politik di Eropa terkait pemilihan di Belanda, Perancis dan Jerman tahun ini, juga kecemasan terkait kebijakan ekonomi Trump. Kenaikan juga didukung redanya ekspektasi dari kenaikan suku bunga AS pada Maret setelah risalah dari pertemuan kebijakan terbaru Federal Reserve kurang hawkish dari yang diharapkan.

Investor mengalihkan perhatian mereka untuk pidato kebijakan Trump untuk sesi gabungan Kongres pada Rabu pagi ini yang diharapkan dapat memberikan petunjuk tentang rencana pemotongan pajak dan belanja infrastruktur.

Presiden Trump mengatakan pada hari Senin bahwa ia akan mengusulkan anggaran yang akan meningkatkan pengeluaran pertahanan sementara mencari tabungan di tempat lain.

Indeks dolar sedikit berubah pada 101,02 menjelang pidato Trump.

Sebuah keterlambatan dalam kenaikan suku bunga oleh AS Federal Reserve akan positif bagi emas sementara juga membuat dolar lebih lemah, membuat logam dalam mata uang dolar lebih menarik bagi pembeli dalam mata uang lainnya.

Namun, masih ada beberapa pejabat Fed mendorong peningkatan tingkat secepat bulan depan.

Dalam logam mulia lainnya, perak naik 0,44 persen di $ 18,34. Platinum turun 0,25 persen pada $ 1,025.30 dan paladium merosot 1,54 persen menjadi $ 768,47.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas akan mencermati pidato Trump pagi ini, yang jika memberikan optimisme penguatan ekonomi AS akan menekan harga emas. Harga emas diperkirakan bergerak dalam kisaran Support $ 1,248 – $ 1,246, dan jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 1,252 – $ 1,254. PT Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews