PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Jatuh Dibawah $1,200 Karena Aksi Jual Secara Tehnikal & Kuatnya USD

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Harga emas turun dan menyentuh kerendahan empat minggu yang lain dibawah $1,200.00, dimana titik terendah harian berada pada $1,196.19,  pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Selasa kemarin. Pasar perak jatuh ke kerendahan dua bulan semalam.

Tekanan jual berdasarkan grafik telah masuk pada minggu ini dengan postur tehnikal untuk emas maupun perak telah menunjukkan penurunan yang besar belakangan ini. Metal berharga juga tertekan oleh karena sangat kuatnya dolar AS pada pasar forex dimana indeks dolar AS menyentuh ketinggian selama 1,5 tahun pada hari Senin.

Emas berjangka bulan Desember terakhir diperdagangkan turun $2.00 per ons pada $1,201.40. Perak Comex bulan Desember terakhir naik $0.004 pada $14.025 per ons.

Pasar saham global bercampur semalam. Saham-saham Asia turun dan indeks saham Eropa kebanyakan naik. Indeks saham AS mengarah lebih tinggi pada saat pembukaan perdagangan ketika sesi New York dimulai, setelah kerugian yang tajam yang diderita pada hari Senin. Volatilitas pada pasar saham AS telah memanas lagi pada awal minggu ini. Banyak trader dan investor masih dihantui oleh penurunan tajam dari harga minyak mentah baru-baru ini.

Harga minyak berjangka Nymex turun lagi pada hari Selasa kemarin, menyentuh kerendahan delapan bulan semalam dan  diperdagangkan disekitar $58.50 per barel. Penurunan tajam dari harga minyak adalah elemen “bearish” bagi kebanyakan sektor komoditi mentah, dengan minyak tidak bisa disangkal adalah pemimpin dari sektor ini.

Sementara itu indeks dolar AS diperdagangkan melemah pada hari kemarin karena tarikan koreksi yang lunak setelah membumbung ke ketinggian 1,5 tahun pada hari Seninnya.

Penurunan lebih lanjut dari harga emas akan berhadapan dengan “support” terdekat pada $1197 yang apabila tertembus kemungkinan akan jatuh lebih lanjut kearah $1188 dan $1181. Arah sebaliknya akan berhadapan dengan “resistance” dekat area $1,206, yang apabila tertembus dan terus berlanjut akan bertemu dengan $1215. Rifanfinancindo.

 

 

Sumber : Vibiznews