PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Dunia Beranjak Naik Terpicu Risiko Tutupnya Administrasi Pemerintah AS

Rifan Financindo

 

Rifan Financindo – Harga emas dunia hari ini terpantau beranjak naik sementara dollar tergelincir setelah pernyataan dari Presiden AS Donald Trump yang menimbulkan kekuatiran tutupnya administrasi kepemerintahan, kalau perlu sampai demikian, untuk memenuhi janji kampanyenya yaitu membangun tembok di perbatasan negara dengan Mexico (23/08/17).

Di pasar, harga spot emas naik ke level $1,286.75 pada sore waktu WIB saat ini, setelah sempat merosot 0,5 persen di hari kemarinnya.

Sementara itu, di pasar uang dollar AS terpantau melemah terutama terhadap yen setelah pernyataan Presiden AS tersebut.

“Jika kita harus tutup pemerintahan, kita akan bangun tembok itu,” seru Trump kepada para pendukungnya dalam satu pertemuan di Arizona.

Analis pasar perkirakan harga emas masih mungkin untuk bergerak naik lagi oleh concern karena laju inflasi Amerika agak terlalu lambat dibandingkan perkiraan sebelumnya. Selain itu, pemilihan emas sebagai bantalan terhadap risiko telah tercermin dalam pergerakan pasar selama enam bulan terakhir.

Harga emas dalam rupiah terpantau menanjak sore ini ke level Rp552.864 per gram-nya, dari sekitar Rp548 ribuan pada minggu lalu.

Analis dari Vibiznews perkirakan bahwa harga emas dunia berpeluang untuk menuju level $1300 per troy ounce-nya, atau bisa menyentuh level Rp560 ribuan sampai Rp570 ribu dalam beberapa waktu mendatang ini. Situasi gejolak administrasi Pemerintah Trump yang berlanjut, ditambah eskalasi geopolitik Semenanjung Korea bisa jadi pemicunya. Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews