PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Ditutup Mixed, The Fed Masih Beri Sentimen Negatif Kuat

Jum’at, 19 September 2014

Harga emas LLG pada pada penutupan perdagangan Kamis 18 September 2014 terpantau ditutup menguat tipis dini hari tadi. Penguatan harga emas LLG dipicu oleh penguatan aksi beli pasca anjloknya harga emas pada perdagangan hari sebelumnya.

Pergerakan harga emas terpantau ditutup mixed pada perdagangan Rabu lalu meski trend masih cenderung negatif. Sentimen negatif kuat dari kekhawatiran akan pemercepatan peningkatan suku bunga Amerika Serikat oleh The Fed, masih cenderung menggerus harga emas yang terlihat dari anjloknya harga emas berjangka di Comex.

Selain faktor sentimen negatif The Fed, pergerakan harga emas juga cukup tertekan oleh membaiknya sektor pekerja Amerika Serikat. Perbaikan data initial jobless claims Amerika Serikat dari level 315.000 ke 280.000 dan melebihi ekspektasi di 305.000 memicu minat terhadap safe haven untuk turun di pasar Amerika Serikat.

Walaupun demikian, pergerakan harga pada emas LLG masih dapat ditutup menguat meskipun posisi fundamental masih memberikan tekanan pelemahan kuat. Hal tersebut disebabkan oleh aksi beli para investor pasca anjloknya harga emas LLG di perdagangan Rabu lalu. Sehingga harga emas LLG pun dapat bergerak menguat meskipun tipis.

Pada penutupan perdagangan Kamis lalu, harga emas LLG ditutup menguat tipis dini hari tadi. Harga emas LLG ditutup naik sebesar 0,14% ke tingkat harga $1.225/t oz atau menguat $1,65/t oz.

Sementara pada perdagangan emas berjangka di Comex, harga emas justru ditutup melemah signifikan dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup turun hingga 0,73% ke tingkat harga $1.226,9/t oz atau melemah $9/t oz.

Analis Vibiz Research Centre memprediksi harga emas masih akan berada dalam trend melemah pada perdagangan hari ini. Namun, pergerakan akan cukup terpengaruh oleh hasil referendum di Skotlandia. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.210-$1.235,50 pada emas LLG dan $1.211-$1.237 pada emas berjangka Comex.

 

Sumber : Vibiznews

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Wikimedia