PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Harga Emas Ditutup Mixed, Investor Pantau Kondisi Hong Kong

Selasa, 30 September 2014

Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Senin 29 September 2014 terpantau ditutup melemah tipis dini hari tadi. Pelemahan harga emas LLG dipicu oleh masih belum adanya dorongan fundamental kuat pada pergerakan harga emas. Namun, data perekonomian yang relatif buruk serta ketidakstabilan politik Tiongkok memberikan dampak berbeda pada perdagangan emas berjangka.

Kondisi global yang memberika sentimen mixed pada perdagangan kemarin, terpantau memberi dampak perbedaan arah pergerakan pada harga emas di pasar spot dan berjangka. Masih cukup kuatnya tekanan dari ekspektasi pemercepatan peningkatan suku bunga AS oleh The Fed, cukup bersaing dengan kondisi global yang relatif buruk.

Secara fundamental, posisi sentimen pada perdagangan Senin lalu relatif mixed akibat data-data perekonomian global yang relatif buruk. Dimulai dari data EURO business confidence yang turun dari level 0,16 ke 0,07 hingga pending house sales Amerika Serikat yang anjlok dari 3,2% ke -1,0% cukup memberikan sentimen positif pada pergerakan harga emas. Selain itu, protes warga Hong Kong yang menuntut demokrasi penuh juga turut menjadi fokus perhatian yang memicu minat terhadap safe haven menguat.

Pada penutupan perdagangan emas LLG dini hari tadi, harga emas LLG terpantau ditutup melemah tipis. Harga emas LLG ditutup turun tipis sebesar 0,13% ke tingkat harga $1.215,90/t oz atau melemah $1,55/t oz.

Sementara pada penutupan perdagangan emas berjangka di bursa Comex, harga emas berjangka justru ditutup menguat dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup naik 0,28% ke tingkat harga $1.218,8/t oz atau menguat $3,4/t oz.

Analis Vibiz Research Centre memprediksi harga emas akan cenderung bergerak melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh ekspektasi akan membaiknya data consumer confidence Amerika Serikat. Selain data tersebut, pergerakan juga harus mewaspadai data pekerja Jerman dan EURO yang akan rilis hari ini. Sementara terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.204,5-$1.227 pada emas LLG dan $1.210-$1.228 pada emas berjangka Comex kontrak Desember 2014.

 

?Sumber : Vibiznews

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Wikimedia